Selasa 30 Nov 2010 01:39 WIB
Nokia X2-01

Smartphone dengan Harga Miring

Nokia X2-01
Foto: taufik rachman
Nokia X2-01

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Smartphones tidak identik dengan harga yang mahal. Dengan ponsel kategori low end, pengguna bisa menikmati desain dan fitur smartphones. Semangat ini, barangkali. yang ingin disampaikan Nokia melalui produk terbarunya, Nokia X2-01.

Sekalipun bakal dilepas dengan harga dibawah Rp 1 juta, sentuhan smartphone bisa dirasakan melalui ponsel ini. Market Product Market Nokia Indonesia, Anvid Erdian, membenarkan X2-01 menawarkan pengalaman menggunakan smartphone pada penggunanya. Secara umum X2-01 tampil stylish. Dibagian belakang terdapat sebuah lengkungan yang disesuaikan dengan telapak tangan, hingga terasa 'pas' ketika berada di genggaman.

Pembeda lain--dibandingkan dengan ponsel kategori high low end--, adalah kemampuan mengakses dan mengunduh konten langsung dari ponsel. ''Belum ada ponsel sekelas X2-01 memiliki kemampuan ini. X2-01 bisa digunakan untuk mengunduh konten atau aplikasi secara langsung ke Ovi Store,'' kata Anvid.

X2-01 merupakan ponsel messaging terbaru untuk kategori low end. Ia mengikuti jejak C3, ia mengusung key pad full Qwerty. Tombol-tombolnya lebih lebar dan enak untuk membuat pesan singkat atau imel. Kenyamanan key pad ini setara dengan keya pad E63 yang populer itu.

Memiliki display 2.4 QVGA (320x240), dengan kedalaman warna hingga 262 ribu warna. Cukup nyaman untuk menikmati foto, gambar atau video. Kualitas displaynya loebih baik dibandingkan dengan ponsel low end dikelasnya.

Dari display, pengguna bisa melakukan serangkaian aktivitas secara mudah. Pada display terdapat dengan icon untuk memudahkan pengguna mengoperasikan fitur. Apalagi ia telah mensupport widget. Up date facebook atau twitter bisa langsung dinikmati di layar ponsel. Pengguna juga bisa menampilkan kontak-kontak favorit di display.

Di key pad terdapat akses langsung ke musik dan messaging. Untuk tombol messaging, bisa digunakan untuk mengakses pesan singkat atau imel. Sementara tombol musik bisa digunakan untuk mengakses radio atau musik.

Untuk messaging ponsel ini mendukung layanan imel dan chat dengan berlangganan Nokia Messaging. Konsep chat diterapkan untuk pesan singkat. Sehingga pada pesan singkat dengan format conversational layaknya chatting.

Nokia juga memberikan sentuhan baru untuk multimedia. Ponsel yang bisa digunakan untuk multitasking ini, memiliki bluetooth. Untuk ssuara terdapat loud speaker, sehingga pengguna bisa menikmati suara keras dengan kualitas yang memadai. Dukungan 3.5 mm stereo jack, menawarkan keleluasaan pengguna ketika akan menggunakan perangkat tambahan stereo terkini, seperti headset atau spiker portabel.

Pengguna juga bisa menyimpan file musik lebih banyak, karena ponsel dengan memory internal 55 Mb ini mendukung  kartu memori external dengan kapasitas hingga 8 GB.

Nokia Indonesia berencana memasarkan produk ini akhir Desember 2010. ''Untuk pemasaran di Indonesia hanya tersedia tiga pilihan warna, white silver, red dan deep grey,'' kata Anvid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement