Sabtu 20 Nov 2010 00:52 WIB

IE9 Versi Uji Coba Hadir Plus JavaScript Lebih Bertenaga

Internet Explorer 9
Foto: PREISGENAU.DE
Internet Explorer 9

REPUBLIKA.CO.ID, Microsoft mendorong satu lagi rilis uji coba Internet Explorer 9 pada Rabu lalu. Ini bukan vesi beta baru, karena masih jauh dari jadwal peluncuran resmi IE 9. Namun paling tidak versi ini sangat mendekati garis akhir.

Rilis pada Rabu lalu dapat dijuluki Prapertunjukan Platform 7 (PP7)Internet Explorer 9, termasuk penambahan sokongan besar yakni mesin JavaScript yang baru dipermak di dalamnya. Rilis ujicoba IE9 sebelumnya--yang dilakukan beberapa pekan lalu, menunjukkan peningkatan dukungan bagi standar web. Tapi, pada rilis kali ini, Microsoft mengusung misi cukup jelas, semua tentang kecepatan dan kinerja.

Langsung pada inti, PP7 mengandung versi terbaru mesin Chakra JavaScript. Ini adalah mesin baru yang menjadi daya IE9 dan diperkenalkan pertama kali pada sebuah acara Microsoft pada November 2009. Tahun lalu, perusahaan berupaya mengembangkan Chakra hingga pada level saat ini, berkinerja 300 persen lebih tinggi ketimbang salah satu kompetitor mesin penggerak browser, WebKit SunSpider.

Teknisi Microsoft dalam tim IE, Ryan Gavin, mengatakan rilis terbaru mencatat nilai 234,6 ms atau milidetik (234.6 ms berarti kecepatan sebuah sinyal untuk melakukan perjalananan pulang balik dari komputer ke server dan kembali ke komputer) dibanding performa tes kinerja JavaScript dari SunSpider. Bila anda termasuk golongan 'geek' yang tertarik untuk mengetahui lebih detail coba tengok seputar bahasan pengetesan tersebut di Blog IE.

Ketika beberapa browser memang terbukti lebih cepat ketimbang yang lain, pembesut browser-browser utama terus melakukan perombakan dari dalam dan membuat peningkatan kecepatan. Kinerja JavaScript adalah salah satu yang terpenting, mengingat aplikasi web modern seperti Gmail, Facebook dan Twitter mengandalkan aksi skrip berat. Browser lebih cepat berarti kinerja web aplikasi lebih tajam. Hanya beberapa minggu sebelumnya, Mozilla merilis pula Firefox 4 versi beta terbaru yang memasukkan kode diperbarui bagi mesin andalan mereka, JagerMonkey dan JavaScript TraceMonkey.

Anda bisa mencicipi versi awal sebelum rilis final browser IE ini dari Microsoft. Browser ini dapat digunakan dalam komputer yang menjalankan Windows 7 dan Vist. Juga, versi ini dapat digunakan bersamaan dengan IE9 Beta atau IE8 dengan mulus tanpa konflik.

Memang patut diakui, seluruh versi 'beta' bila dibanding 'prapertunjukan' sepenuhnya membingungkan. Namun bukan rilis dari Microsoft namanya jika versi-versi itu tak membuat anda pusing.

Microsoft pertama kali melepas Internet Explorer 9 versi beta pada September lalu. Namun rilis Rabu lalu bukanlah versi beta kedua, melainkan prapertunjukan platform ketujuh. Rilis Beta dianggap sebagai browser yang hampir sepenuhnya stabil dan dimaksudkan untuk pengguna lebih umum. Sedangkan platform prapertunjukan terletak di pinggiran dan mungkin berisi kode yang tak dites seluruhnya. Sehingga rilis kali ini terutama ditujukan bagi pengembang web.

IE9 9 bisa dibilang cukup sukses dengan jumlah pengunduh, menurut Microsoft, sekitar 13 juta sejak dirilis dua bulan lalu. Browser ini juga mendapat banyak pengakuan atas dukungan lebih luas terhadap standar web seperti HTML5, CSS 3 dan WOFF. Versi beta IE9 berikut akan segera tiba tak lama lagi. Setelah itu, browser akan bergerak ke tahap kandidat siap rilis.

Gavin mengatakan prarilis IE9 'terus didasarkan pada kualitas' tanpa arah publik spesifik. "Umpan balik yang kami dapat dari pengembang telah menjaga kami dalam koridor tepat untuk segera merilis versi kandidat," ujarnya. Meski belum ada pernyataan resmi dari Microsoft, diperkirakan rilis resmi IE9 akan dilakukan sekitar pertengahan 2011.

sumber : Webmonkey
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement