Rabu 17 Nov 2010 08:46 WIB

Aplikasi Chatting Duduki Peringkat Teratas Pengunduhan di Ovi Store

Nokia Ovi (Illustrasi)
Foto: HADWARZONE.COM
Nokia Ovi (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Aplikasi utility yang berhubungan dengan chatting amat digemari para pengguna ponsel di Indonesia. Pengunduhan aplikasi utility di Ovi Store, didominasi aplikasi ini.

''Chatting, rupanya sangat digemari pengguna ponsel Nokia di Indonesia, sehingga aplikasi yang berhubungan dengan chatting atau jejaring sosial sangat diminati,'' kata Manager Services Marketing, Nokia Indonesia, Haryati Lawijaya di Jakarta, Selasa.

Selain utility, aplikasi games juga banyak diminati. ''Untuk pengguna N8, mereka mengunduh games berbasis 3D, serta games interaktif yang lain,'' katanya. Kategori lain yang berada para peringkat tertinggi adalah personalization, seperti theme atau wallpaper.

 

Ihwal jumlah konten yang diunduh, memang sangat bervariasi. Diantara pengguna ponsel, pengguna gadget Nokia terbaru N8 banyak melakukan pengunduhan. ''Sekitar 70 persen pengguna ponsel dengan sistem operasi Symbian 3 (N8) mengunduh paling tidak delapan konten Ovistore dalam dua minggu terakhir ini,'' kata Haryati.

Fenomena ini disebut Haryati menggambarkan makin dikenalnya Ovi Store dikalangan pengguna Nokia di Indonesia. Ovi Store sendiri juga terus memperkaya konten dan aplikasi lokal karya pengembang nasional.

Memang, tidak hanya ponsel dengan sistem operasi Symbian 3 saja yang melakukan pengunduhan di Ovi Store. ''Ponsel tipe lain juga banyak,'' kata Haryati. Ia menyebut ada paling tidak 100 ponsel Nokia yang telah  dilengkapi dengan aplikasi Ovi Store atau telah mendukung layanan ini.

Diakui bahwa pemanfaatkan layanan yang ada di Ovi Store memang tidak terlepas dari dukungan operator seluler di Indonesia. Karena pengunduhan membutuhkan dukungan kualitas jaringan yang baik, serta tarif yang terjangkau.

''Sebagian memang menggunakan wifi saat melakukan pengunduhan, namun banyak juga yang menggunakan jaringan operator untuk mengunduh konten,'' ujar Haryati. Dari pengamatannya, layanan broadband semakin luas dan merata di Indonesia.

Bagaimana dengan tarif? Hayati mengakui paket tarif flat unlimited yang ditawarkan operator memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi ada varian tarif harian, mingguan atau bulanan dengan harga yang terjangkau.

Saat ini Nokia Indonesia telah menjalin kerjasama dengan Telkomsel untuk menikmati layanan yang dimiliki Nokia, baik berupa messaging, chatting, pengunduhan konten di Ovi Store dengan menggunakan tarif flat unlimited. Dalam waktu dekat, Nokia berencana mengembangkan kerja sama dengan operator lain. Siapa? ''Tunggu saja,'' kata Haryati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement