Jumat 05 Nov 2010 04:36 WIB

Menikmati Home Theatre dengan Nokia N8

Proses pembuatan film pendek menggunakan N8
Foto: Nokia Indonesia
Proses pembuatan film pendek menggunakan N8

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Ponsel kini memiliki fungsi baru, yakni menjadi home theatre. Fungsi ini, paling tidak telah dirintis Nokia melalui produk terbarunya, N8.

Kamis siang, Nokia Indonesia memamerkan keandalan produk terbarunya di hadapan puluhan wartawan di Blizt Megaplex, Grand Indonesia, Jakarta. Kalangan wartawan diajak menikmati delapan film pendek finalis Gener8.

Film dengan durasi sekitar lima menit ini proses pembuatanya menggunakan ponsel N8. Skenario ditulis peserta lomba, pengambilan gambar dan editing dilakukan sutradara Joko Anwar dan para finalis.

Hasilnya, film pendek itu dari sisi tampilan, format dan kualitas gambarnya tak kalah dengan film-film layar lebar pada umumnya. Untuk menayangkan hasil karya para finalis, juga tidak diperlukan banyak peranti.

Ponsel N8 dikoneksikan ke sistem proyektor dan audio di Blizt Megaplex. Kitapun menikmati tayangan standar gedung bioskop. Yang menarik audio yang dideliver N8--yang memiliki aplikasi dolby 5.1, mampu menghasilkan suara yang tak kalah dengan perangkat audio yang digunakan gedung bioskop terkini.

''N8 mendukung video high definition. Kita juga bisa menikmati tayangan HDMI di televisi dengan mengkoneksikan N8 ke televisi yang telah mendukung teknologi HDMI,'' kata Product Manager Nokia Indonesia, Legi Sugiyanto. Ini berarti, untuk presentasi bisa menggunakan ponsel ini, tak perlu membawa  notebook atau netbook lagi.

Legi melukiskan bahwa N8 juga bisa difungsikan sebagai home theather. ''Cukup mengkoneksikan Nokia ke televisi, kita bisa menikmati tayangan dan audio layaknya kita menikmati home theatre di rumah,'' kata Legi. Ia juga bisa dikoneksikan ke berbagai perangkat lain, termasuk proyektor.

Ponsel lifestyle terbaru Nokia ini, menurut Legi, memiliki kamera 12 mega piksel dengan flash Xenon. Kamera ini bisa menghasilkan gambar atau foto berkualitas tinggi serta video berkualitas high definition.

Ia kemudian menunjuk pembuatan film pendek yang dilakukan Joko Anwar. ''Hasilnya bagus. Tak kalah dengan perekam video profesional yang banyak digunakan untuk membuat film-film dokumenter atau film pendek,'' kata Legi.

Di sisi yang lain, N8 juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi pengolah foto dan video. ''Untuk editing foto atau video bisa dilakukan langsung dari ponsel, tak perlu menggunakan perangkat lain seperti komputer,'' kata Legi.

Aplikasi ini disebut Legi sebagai aplikasi pertama di dunia. ''Belum ada ponsel yang bisa melakukan editing video secara langsung dari ponsel. N8 merupakan ponsel pertama yang bisa digunakan untuk editing video tanpa bantuan perangkat lain,'' ujar Legi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement