Jumat 29 Oct 2010 05:51 WIB

Telkomsel Gratiskan SMS di Mentawai dan Merapi

Seorang warga Hargobinangun tengah mencoba layanan sms gratis
Foto: telkomsel
Seorang warga Hargobinangun tengah mencoba layanan sms gratis

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel gratiskan pengiriman pesan singkat (SMS) dari daerah bencana di kepulauan Mentawai dan Gunung Merapi. SMS gratis berlaku untuk pengiriman sms ke sesama pelanggan Telkomsel dan semua operator.

“Layanan SMS gratis ini merupakan wujud kepedulian Telkomsel terhadap para korban bencana dan untuk membantu kelancaran serta kenyamanan lalu lintas komunikasi seluruh pihak dalam berkoordinasi selama masa pemulihan kondisi paska bencana,” kata  Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno

Saat terjadi bencana gempa bumi dan tsunami di kepulauan Mentawai, dua dari lima menara Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel sempat terganggu akibat terhambatnya pasokan bahan bakar. Sejauh ini, saat terjadi bencana, layanan telekomunikasi di Mentawai berjalan normal.

Sementara itu, saat terjadi Erupsi Merapi, seluruh BTS Telkomsel yang ada di sekitar Gunung Merapi tidak mengalami gangguan teknis. Layanan berjalan normal.

Menurut Sarwoto, akibat bencana terjadi lonjakan trafik komunikasi. ''Di Mentawai sempat mengalami lonjakan hingga 80 persen dan 63 persen di sekitar Gunung Merapi. Kenaikan lalu lintas komunikasi ini sudah diantisipasi Telkomsel, sehingga pelanggan tetap nyaman berkomunikasi di wilayah bencana,'' katanya.

Selain layanan SMS gratis, Telkomsel juga telah membuka 6 posko pelayanan pelanggan di sekitar wilayah Gunung Merapi, terdiri dari Media Centre di Yogyakarta (Posko Utama Pakem), dua posko di Yogyakarta (Posko Kantor Desa Hargo Binangun dan Posko SMP 2 Hargo Binangun), satu posko di Klaten (Posko Desa Keputraan), dan dua posko di Magelang (Posko Balai Desa Tanjung dan Posko Balai Desa Dukun).

Di setiap posko pelayanan ini, Telkomsel menyediakan layanan telepon gratis, kartu perdana gratis, voucher isi ulang pulsa gratis, akses internet gratis, dan layanan charger ponsel gratis. Posko serupa juga saat ini sedang didirikan untuk membantu para korban bencana tsunami di Kepulauan Mentawai.

Telkomsel melalui tim Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA) juga membuka posko tanggap darurat di sekitar lokasi bencana dan titik pengungsian yang menyediakan layanan kesehatan gratis dan dapur umum, serta bantuan selimut, sarung, handuk, pembalut wanita, dan lain-lain sebagai bentuk kepedulian sosial bagi para korban bencana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement