Jumat 22 Oct 2010 07:59 WIB

Search Engine Islami Sediakan Layanan Bahasa Indonesia

Red: irf
ilustrasi
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG--Sebuah perusahaan Belanda melansir mesin pencari Islam pertama di dunia, I'mHalal. Mesin pencari tersebut, sekarang menyediakan layanan berbahasa Indonesia. Juni lalu situs ini menerima penghargaan 'Best Halal Innovation Award' dari perdana menteri Malaysia, sewaktu World Halal Forum di Kuala Lumpur.

Pendirinya, warga Belanda keturunan Iran, Reza Sardeha, 21 tahun. Situs terutama mengkhususkan pada pengguna internet di Timur Tengah dan Asia Tenggara. Demikian koran Belanda De Pers melaporkan.

Seorang Muslim yang mencari informasi lewat halaman ini, tidak akan terkonfrontasi dengan hal-hal yang melanggar kaidah Islam atau haram, seperti pornografi, perjudian dan-lain lain. Setiap bulan jumlah pengguna mesin pencari itu bertambah dua kali lipat. Saat ini ada 700 ribu unique visitor.

Memang jumlah yang sangat kecil, dibandingkan jumlah umat Muslim pengguna internet yang mencapai 800 juta. Dalam tiga tahun situs itu berencana menggaet dua persen muslim pengguna internet. Saat ini pengguna terbanyak datang dari Pakistan. Sementara halaman itu tersedia dalam bahasa Inggris, Arab, Indonesia, Turki, Persia, Urdu dan bahasa Melayu.

Beda situs ini dari Google, bila seseorang mengetik kata seks, oleh Google langsung dilink dengan pornhub.com. Sementara I'mHalal menghubungkan dengan diskusi seks dan keperawanan serta sebuah ayat di Alquran.

sumber : radio netherlands
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement