Selasa 21 Sep 2010 06:44 WIB

Telkom: Sejak Juli Seluruh CCTV Ditlantas Polri Berfungsi dengan Baik

logo telkom
logo telkom

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkom Indonesia sukses memberikan dukungan bagi jaringan CCTV pada National Traffic Management Control (NTMC) Direktorat Lalu-lintas Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). CCTV digunakan untuk memantau dan mengatur lalu lintas sejak arus mudik sampai dengan arus balik Lebaran.

''Dari evaluasi yang dilakukan Telkom, seluruhnya berfungsi baik,'' kata Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (20/9). Selama bulan puasa sampai dengan sehari sebelum berakhirnya pengaturan mudik Lebaran pada 21 September 2010 jaringan CCTV NTMC berjalan seperti yang diharapkan tanpa gangguan yang berarti. Bahkan jaringan tersebut setiap hari digunakan oleh salah-satu stasiun televisi nasional untuk melakukan siaran langsung dari NTMC.

CCTV (Closed Circuit Television) merupakan salah satu bagian dari National Traffic Management Center POLRI selain aplikasi-aplikasi lainnya seperti GIS, GPS, Internet, SMS, STNK, BPKB, dan SIM. Telkom menyediakan bandwith jaringan backhaul di NTMC sebesar 100 Mbps yang terpasang pada 43 CCTV di tempat-tempat strategis mulai dari Bakauheni sampai Gilimanuk.

Penggelaran CCTV NTMC tersebut dilaksanakan dalam dua tahap. CCTV tahap-1 (aktif sejak 1 Juli 2010) meliputi 13 titik kamera masing-masing dengan kecepatan 512 Kbps yang ditempatkan di Pospol/Pospam Ciawi, Tanjakan Nagrek, Cileunyi, Sumantri, Sadang, Cikopo, Kanci, Simpang Lima, Gatur Surabaya, Bakauheni, Merak, Ketapang dan Gilimanuk.

Pada CCTV Tahap-2 (aktif sejak 23 Agustus) Telkom melakukan upgrade bandwidth menjadi 1.024 Kbps dan menambah 1.024 Kbps pada 30 lokasi baru, yakni di Ketapang, Gilimanuk, Mutiara Cikampek, Jomin, Simpang Gadog Bogor, Cisarua, Taman Safari, Pondok Gede Timur dan Rindu Alam Cipanas.

''Selain tersambung ke titik-titik kamera di Pos Polisi (Pospol)/Pos Pengamanan (Pospam), NTMC juga diakses oleh beberapa institusi,'' kata Eddy Kurnia. Ia menunjuk posko Departemen Perhubungan Jl. Medan Merdeka Barat, untuk merelay kamera yg dimiliki Kemenhub oleh NTMC. Mabes POLRI Trunojoyo - Pusdalsis (Pusat Komando PAM Lebaran) dengan bandwith 30 Mbps yang digunakan untuk memantau seluruh trafik lalu lintas melalui kamera CCTV di NTMC. Fasilitas di kedua lokasi ini sudah aktif sejak 15 hari sebelum Lebaran.

Pospam Lebaran Polda Jabar dengan bandwith 5 Mbps untuk memantau CCTV di area Polda Jabar. Fasilitas ini aktif 10 hari menjelang Lebaran. Istana Presiden (temporer), digunakan Kapolri saat rapat kabinet untuk menunjukkan kesiapan Polri dalam pengamanan Lebaran 2010.

Departemen Kesehatan, kata Eddy, juga merelay CCTV yang dimiliki NTMC POLRI. ''Telkom mengucapkan terima kasih atau dukungan dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, sehingga layanan CCTV NTMC yang dikelola Telkom dapat berfungsi dengan baik untuk melayani para pemudik,'' kata Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement