Kamis 16 Sep 2010 02:54 WIB

Idul Fitri, SMS BTel Naik 45 Persen

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bakrie Telecom mencatat kenaikan trafik SMS sebesar 46 Persen. Sementara percakapan telepon terjadi kenaikan di sentra-sentra pemudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sementara di Jakarta, terjadi penurunan percakapan telepon.

 

Selain itu layanan Value Added Services (VAS) yang merupakan fitur nilai tambah yang berkaitan dengan bulan Ramadhan seperti RBT (Ring Back Tone), Adzan Cell dan Win Ramadhan juga semakin digemari masyarakat dengan rata-rata pertumbuhan dua kali lipat dibanding masa sebelum Ramadhan tiba.

Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk, Muhamad Buldansyah mengemukakan bahwa mengantisipasi kenaikan trafik, BTel telah meningkatkan kapasitas hingga 2 kali lipat. “ Tentu bervariasi tipe kotanya. Ada yang hanya kami tingkatkan 20 persen dari kapasitas normal di hari biasa, tapi ada juga yang kami tingkatkan hingga 100 persen seperti kota-kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timu r”.

Kota-kota mudik di Jawa Tengah antara lain beberapa kota di wilayah Banyumas, seperti Purwokerto dan Cilacap dan kota-kota asal pemudik di Wonogiri, Klaten, Jogjakarta, Solo, Brebes dan Tegal. Sementara kota tujuan mudik di Jawa Timu r antara lain, Kediri, Malang dan Madiun. Untuk kota tujuan mudik Jawa Barat lebih banyak didominasi pada kota Bandung,Bogor, Tasikmalaya, Garut dan Serang.

 Untuk SMS, menurut Danny Buldansyah, lonjakan terjadi pada hari pertama dan kedua menjelang bulan suci Ramadhan. Sementara di hari raya Idul Fitri lonjakan trafik SMS mulai terjadi tiga hari menjelang hari raya dan mencapai puncaknya pada H-1. “ Kenaikan terjadi saat orang saling mengirim sms permohonan maaf menjelang bulan suci Ramadhan dan juga menjelang hari raya Idul Fitri. Polanya seperti itu dan kami telah mengantisipasinya dengan baik”, katanya.

Selain itu, ujar Danny, lebih dari 95 persen SMS bisa dikirimkan dibawah 60 detik. Meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berkisar antara 92-95 persen. Kecepatan pengiriman SMS ini memperlihatkan kualitas jaringan Bakrie Telecom di kota-kota yang baru dibukanya tersebut semakin membaik.

Membaiknya kualitas jaringan juga diperlihatkan dari keberhasilan pelanggan Esia memanfaatkan layanan Esia GOGO. Layanan ini memungkinkan pelanggan Esia tetap bisa menggunakan teleponnya meskipun telah berpindah kota atau kode area. Rata-rata tingkat keberhasilan aktivasi layanan Esia GOGO bisa mencapai angka 90 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement