Sabtu 21 Aug 2010 02:25 WIB

Hadang Foursquare, Facebook Perkenalkan Fitur Facebook Places

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Facebook (Ilustrasi)
Facebook (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Bergeliatnya jejaring sosial berbasis lokasi atau tempat seperti Foursqure memaksa Facebook memperkenalkan layanan serupa. Fitur layanan bernama Facebook Places kini  memungkinkan pemilik akun di Facebook untuk berbagi lokasi dengan teman-teman mereka. Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan pemilik akun Facebook AS dan terbatas pada aplikasi ponsel kelas atas.

Bagi pemilik iPhone, mereka bisa memperbaharui aplikasi Facebook dengan mengujungi touch.facebook.com. Di laman tersebut, pemilik akun Facebook dipersilahkan memilih lokasi tempat tinggal pengguna.

Ketika tempat tinggal pengguna tidak terdapat dalam daftar, mereka bisa mencarinya melalui fitur search dalam laman tersebut. Setelah terdaftar, pemilik akun bisa mendapatkan informasi yang telah diposting oleh pemilik akun yang telah mendaftar lebih dulu.

""Mulai hari ini, Anda dapat langsung memberitahu orang-orang tentang tempat favorit dengan Facebook Places. Anda dapat berbagi di mana pun Anda berada dan teman-teman Anda secara real time dari perangkat mobile, " kata manajer produk Places Michael Eyal Sharon seperti dikuti Telegraph, Jumat (20/9).

Menanggapi fitur baru Facebook, pendiri Foursquare, Dennis Crowley, tidak terlalu terkejut. Menurut dia, tren aplikasi jejaring sosial sudah mengarah pada basis lokasi.

"Twitter sudah lebih dulu membuat fitur serupa, namun, kami memiliki fungsi yang unik terkait hal ini," ujarnya. Pengguna Foursquare, menurut dia, memiliki alasan berbeda. "Mereka menggunakannya untuk bermain game, menawarkan sesuatu, memberitahu teman tentang tempat baru," kata

Di twitter, imbuhnya, pengguna memang kerap memberitahu lokasi dengan tulisan dan gambar. "Sementara, kami memang bertujuan membangung program insentif dan penghargaan yang mendorong orang untuk mencoba lokasi baru." pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement