Selasa 17 Aug 2010 05:30 WIB

Chrome 6 Beta Dongkrak Tampilan dan Kemampuan Sinkronisasi

Chrome 6 Beta
Chrome 6 Beta

REPUBLIKA.CO.ID, Versi terbaru browser besutan Google telah dipromosikan ke status beta. Kini, anda bisa mengunduh Chrome 6 beta dan mulai menguji kinerjanya di berbagai platform OS.

Apakah fitur andalan terbarunya? Antarmuka pengguna di Chrome 6 kini lebih sederhana,  ada pula sebuah fitur baru autofill untuk melengkapi bentuk web, sinkronisasi lebih baik, termasuk dukungan untuk data autofill dan ekstensi. Jika anda sudah menggunakan dev channel atau rilis canary dari Chrome, anda tentu sudah mengetahui kemunculan satu-persatu fitur tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

Chrome 6 beta mengalami peningkatan kinerja, sebuah syarat standar bagi setiap rilis browser. Menariknya, ia datang di tengah versi prarilis para pemain utama, yakni Firefox 4 dan Internet Explorer 9, keduanya hadir dalam satu pekan terakhir dengan memamerkan mesin HTML dan JavaScript lebih cepat serta lebih mumpuni.

Kulit muka Chrome 6 mengalami sedikit perombakan dengan layout tab dan tombol lebih langsing. Tombol Tools (alat) dan Menu masih seperti yang ditemukan pada versi Chrome sebelumnya. Hanya saja, tombol-tombol dalam menu membawahi semua fungsi kontrol pada umunya, termasuk penempatan aneh tombol perbesaran halaman--yang biasanya tak berada dalam kategori Menu.

Juga dalam Menu, terdapat fullscreen mode (moda tampilan browser layar penuh) perintah copy dan paste. Bagi yang tak ingin ribet mungkin akan selalu mengingat perintah shortcuts yang diketikkan pada keyboard untuk menampilkan kontrol-kontrol tadi.

Fitur autofill diintegrasikan dengan fitur sinkronisasi di Chrome 6 beta.  Jadi, semua pekerjaan terkait Chrome (di komputer rumah, kantor, laptop_ akan mampu berbagi, tidak hanya dalam lingkup preferences (kesukaan), ekstensi, browsing data dan tema, tapi juga formulir data. Anda dapat melakukan perintah pengisian pada formulir autofill dengan informasi yang saja--dengan syarat anda selalu log in ke Google dengan akun yang sama di setiap lokasi. Chrome dapat mengingat, menyimpan dan menyinkronisasi setiap informasi umum yang anda sering letakkan dalam formulir web (nama, e-mail, nomor telepon). Anda dengan sederhana dapat memilih seperangkat data mana pun ketika fitur autofill dijalankan.

Chrome dapat juga mengenali nomor kartu kredit, namun anda harus secara eksplisit menambahkan nomor itu ke fitur preferensi di autofill.  Versi beta ini bisa jadi akan beralih ke rilis resmi yang stabil dalam beberapa pekan ke depan.  Beberapa pengulas TI malah berharap versi Chrome berikut muncul tak lebih dari enam pekan lagi, mengingat Google selalu mempercepat siklus rilis browser barunya setiap satu setengah bulan.

See Also:

sumber : Webmonkey
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement