Selasa 10 Aug 2010 06:39 WIB

Telkomsel-PMI Pusat Rilis Layanan Donasi *811#

PMI Pusat dan Telkomsel menjalin kerja sama penghimpunan donasi pelanggan
Foto: telkomsel
PMI Pusat dan Telkomsel menjalin kerja sama penghimpunan donasi pelanggan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkomsel mengembangkan konsep baru untuk penghimpunan donasi pelanggan untuk kepentingan sosial. Bekerja sama dengan Palang Merah Indoesia dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), operator yang kini memiliki 90 juta pelanggan itu meluncurkan layanan donasi *811#.

Layanan ini diperkenalkan di Jakarta, Senin (9/8) usai penandatangan memorandum of understanding antara Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dan Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno, untuk layanan donasi *811#. Sarwoto menyebut layanan baru merupakan pengembangan layanan donasi melalui SMS.

''Sebelumnya kita mengenal program donasi pelanggan melalui SMS5000. Kami melihat program ini kurang menggigit,'' kata Sarwoto. Guna lebih mengoptimalkan penghimpunan donasi pelanggan dikembangkan sistem dengan menggunakan user menu browser (UMB) *811#. Sistem baru diharapkan bisa lebih mengoptimalkan lagi penghimpunan donasi pelanggan.

Sarwoto menjelaskan, melalui program ini dikembangkan suatu sistem yang lebih fleksibel, besaran donasi sesuai dengan kemampaun, serta penyaluran donasi sesuai keinginan pelanggan yang memberikan donasi. Pada program baru, terdapat dua pilihan menu, yakni PMI dan Baznas. Masing-masing menu memiliki sub menu, berupa besar sumbangan maupun program.

Untuk besaran sumbangan, misalnya, terdapat pilihan Rp 1.000, Rp 5.000. Rp 10.000, atau Rp 25.000. ''Donasi bisa diberikan sekali, berkali-kali. atau dalam kurun waktu tertentu seperti satu bulan,'' kata Sarwoto.

Untuk program PMI sendiri, pelanggan memiliki tiga pilihan, yakni akan menyalurkan bantuan untuk program pendirian 25 unit donor darah di mal atau kampus, pelatihan 10 ribu relawan PMI atau pengadaan kendaraan medical rescue.

GM CSR Telkomsel, Tubagus Husniyullah menjelaskan bahwa tiga pilihan donasi merupakan program yang tengah dikembangkan PMI saat ini. Pemberi donasi akan diberi keleluasaan memilih, program apa yang diminati.

''Kami memberikan dukungan agar program itu bisa direalisasikan melalui penghimpunan dana dari pelanggan Telkomsel,'' kata Tubagus. Tahap awal kerja sama antara Telkomsel-PMI Pusat berlangsung tiga hingga empat bulan ke depan. ''Kerja sama bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan,'' papar Tubagus.

Kerja sama antara Telkomsel dengan PMI disebut Tubagus telah berlangsung lama. ''Apalagi kami telah memiliki Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERA) yang siap diterjunkan saat terjadi bencana alam. Di lapangan, kami tentu saja bekerja sama dengan PMI,'' kata Tubagus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement