Rabu 04 Aug 2010 19:52 WIB

Antisipasi Kenaikan Trafik, XL Tingkatkan Kapasitas Jaringan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--XL Axiata berencana menambah lagi bandwith untuk layanan Blackberry Internet Services (BIS), apabila terjadi lonjakan trafik pada Ramadhan dan Idul Fitri.

''Kapasitas yang ada saat ini pada dasarnya cukup untuk menghandle kenaikan trafik, apalagi kita memiliki dua line dari vendor yang berbeda,'' kata Direktur Commerce XL, Joy Wahyudi. Bandwith yang dimiliki XL saat ini mencapai 800 MB dan diperkirakan mampu menghandle trafik komunikasi hingga 1 juta pelanggan.

Joy mengakui tidak tertutup kemungkinan akan ada lonjakan trafik hingga satu bulan ke depan, baik karena tingginya intensitas komunikasi pelanggan maupun terjadinya penambahan pelanggan baru layanan Blackberry. ''Bila bandwith harus ditambah, ya kita tambah. Proses penambahan bandwith bisa dilakukan dengan cepat, paling dua atau tiga hari bisa diselesaikan,'' kata Joy.

Blackberry internet services merupakan salah satu layanan yang mencatat pertumbuhan tinggi di XL dalam dua tahun terakhir ini. Pelanggan saat ini sekitar 400 ribu dan diperkirakan akan mengalami peningkatan saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Operator dengan 35,2 juta pelanggan ini, pada semester pertama tahun 2010 membukukan kenaikan pendapatan layanan data hingga 271 persen year on year. Pertumbuhan cepat pengguna layanan Blackberry merupakan salah satu penyumbang pertumbuhan yang cepat pendapatan sektor layanan data.

Di luar data, layanan voice dan pesan singkat (SMS) XL juga membukukan pertumbuhan yang tinggi. Pertumbuhan pelanggan telah memicu peningkatan trafik di sektor telekomunikasi dasar. Sejauh ini XL telah meningkatkan kapasitas untuk mengantisipasi kenaikan trafik.

Head of Corporate Communication Febriati Nadira mengemukakan kapasitas yang dimiliki XL saat ini sebenarnya cukup memadai. ''Dari kapasitas yang ada tingkat utilitasnya baru sekitar 60 persen,'' kata Ira. Pada Ramadhan dan Idul Fitri diperkirakan ada kenaikan trafik sekitar 30 persen.

''Dengan kenaikan trafik hingga 30 persen, sebenarnya kapasitas yang ada mampu menghandle kebutuhan,'' papar Ira. Namun demikian, untuk kenyamanan pelanggan XL telah meningkatkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri 2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement