Selasa 03 Aug 2010 09:18 WIB

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Naik 250 Persen

Layanan data, diperkirakan mengalami lonjakan
Foto: Telkomsel
Layanan data, diperkirakan mengalami lonjakan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Layanan Data Telkomsel diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik pada Ramadhan dan Idul Fitri 2010. Telkomsel memprediksi, lonjakan mencapai 200-250 persen dibandingkan hari-hari normal.

Deputy Vice President Corporate Secretary Bidang Communication & Relations Management, Aulia Ersyah Marinto mengemukakan, pada hari biasa trafik data diperkirakan mencapai 2 terrabyte per hari. Jumlah pelanggan layanan data Telkomsel sekitar 16 juta. SMS atau voice diperkirakan akan mengalami kenaikan, sekalipun tidak sebesar kenaikan trafik data.

Tentang kenaikan itu sendiri, Aulia menyatakan pada bulan Ramadhan dan Lebaran, masyarakat membutuhkan layanan komunikasi terlengkap dan terbaik. ''Selama periode tersebut Telkomsel telah menyiapkan seluruh lini produk, layanan, termasuk memperiapkan kapasitas infrastruktur dalam rangka mengantisipasi lonjakan trafik dimana hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan komunikasi pelanggan,'' kata Aulia.

Untuk layanan data, misalnya, telah disiapkan kapasitas yang memadai. Kapasitas yang disediakan mencapai 5 terrabyte (TB). Kapasitas untuk layanan lain disiapkan hingga dua kali dari kapasitas yang ada saat ini.

Layanan suara dalam kondisi normal trafik mencapai 884 juta menit per hari. Pada Ramadhan dan Idul Fitri perkiraan lonjakan trafik mencapai 20-25 persen. SMS pada saat trafik normal sebanyak 727 juta SMS per hari. ''Perkiraan lonjakan trafik mencapai 50-60 persen selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri,'' kata Aulia.

Sementara untuk MMS pada trafik normal sebanyak 854 ribu MMS per hari, perkiraan lonjakan trafik pada Ramadhan daan Idul Fitri mencapai 5-10 persen.  Kenaikan diperkirakan juga terjadi pada pengisian (top up) pulsa isi ulang.

Pada saat normal, isi pulsa tercatat sebanyak 11 juta transaksi per hari. ''Perkiraan lonjakan mencapai 50-60 persen selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement