Selasa 03 Aug 2010 05:21 WIB

Sambut Ramadhan Telkom Group Gandakan Kapasitas Jaringan

Peresmian Telkom Peduli dan Telkomsel Siaga 2010 di Jakarta, Senin (2/8)
Foto: telkomsel
Peresmian Telkom Peduli dan Telkomsel Siaga 2010 di Jakarta, Senin (2/8)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Telkom bersama anak-anak perusahaan atau TelkomGroup, kembali menggelar layanan Ramadhan dan Idul Fitri 2010. Program bertajuk Telkom Peduli dan Telkomsel Siaga itu, diresmikan pengoperasiannya oleh Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah di Jakarta, Senin (2/8).

Rinaldi mengemukakan bahwa Telkom Peduli dan Telkomsel Siaga merupakan bentuk kepedulian terhadap pelanggan Telkom Group menyambut Ramadhan dan Idul Fitri. Melalui penyediaan layanan prima yang didukung oleh infrastruktur yang baik.

''Progam ini sekaligus menjadi tes bagi kami mengenai kesiapan jaringan secara keseluruhan,'' ujar Rinaldi. Pada Idul Fitri terjadi perpindahan trafik. ''Bila selama ini kapasitas terbesar ada di Jabotabek, saat Idul Fitri bergeser ke sentra-sentra mudik,'' paparnya.

Pergeseran--akibat pergerakan pelanggan--, bisa menimbulkan kenaikan trafik di sentra pemudik hingga 100 persen. Hal ini, tentu saja, membutuhkan dukungan infrastruktur yang baik, dari sisi kapasitas maupun kualitas jaringan. Dirut Telkom memastikan bahwa pihaknya telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan yang ada. Peningkatan kapasitas jaringan mencapai dua kali lipat dibandingkan kondisi normal.

Direktur Konsumer Telkom, I Nyoman G Wiryanata menyatakan mengantisipasi kenaikan trafik selama Ramadhan dan Idul Fitri 2010, telah dilakukan peningkatan kapasitas jaringan. ''Baik untuk mendukung layanan suara, pesan singkat, maupun layanan data,'' kata Nyoman.

Ia memprediksi, kenaikan trafik voice (suara) diperkirakan mencapai 20-25 persen dibandingkan dengan kondisi normal. Kapasitas yang tersedia saat ini, dilukiskan Nyoman mampu menghandle kenaikan trafik yang terjadi. ''Pengalaman selama ini Telkom Group mampu menghandle kenaikan trafik selama Ramadhan dan Idul Fitri,'' ujarnya.

VP Network and Service Quality Management Telkomsel, Angky Arief Priyagung mengemukakan bahwa kapasitas yang tersedia saat ini akan mampu menghandle kenaikan trafik voice, SMS dan data untuk pelanggan hingga 100 juta. ''Bila sampai Idul Fitri pelanggan kami 100 juta, kami sanggup menghandle-nya,'' kata Angky. Pelanggan Telkomsel saat ini diperkirakan mencapai 89 juta.

Khusus untuk layanan data, kata Angky, pihaknya telah menambah bandwith maupun kapasitas lebih dari cukup. Ia melukiskan pada kondisi normal, kapasitas data di Telkomsel berkisar antara 1 Tb hingga 2 Tb. ''Mengantisipasi lonjakan trafik data pada Ramadhan dan Idul Fitri, kami menyiapkan kapasitas hingga 5 Tb,'' ujar Angky.

Arief memprediksi penggunaan data akan mengalami peningkatan signifikan pada Idul Fitri mendatang. Pengguna layanan data di Telkomsel diperkirakan mencapai 16 juta. Kawasan yang diperkirakan memiliki trafik tinggi untuk layanan data antara lain Semarang, Yogyakarta, Malang dan Cirebon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement