Sabtu 31 Jul 2010 05:46 WIB

Jaringan Axis Siap Hadapi Lonjakan Trafik Ramadhan

Axis
Foto: Axis
Axis

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Axis, memastikan jaringannya telah siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi selama bulan puasa dan lebaran.

"Kami telah berupaya untuk memastikan kualitas, stabilitas dan realibilitas jaringannya untuk mengantipasi lonjakan trafik komunikasi tahunan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri," kata Chief Technology Officer AXIS, Muslim Khan, dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat.

PihaKnya telah melakukan Uji Jaringan Terbuka pada 28 ? 30 Juli 2010. Sekitar 17 wartawan dari berbagai media mengikuti Uji Jaringan ini dengan mengambil rute: Jakarta-Bekasi-Karawang-Cikampek-Haurgeulis- Jatibarang-Arjawinangun-Cirebon-Ketanggungan-Prupuk-Bumiayu-Purwokerto- Sumpiuh-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purworejo-Wates-Yogyakarta-Klaten- Kartosuro-Solo-Sragen-Ngawi-Madiun-Caruban-Nganjuk-Kertosono-Jombang- Trowulan-Mojokerto-Krian-Surabaya.

Uji Jaringan dilakukan dengan menggunakan beberapa peralatan dan metode yang telah diakui sesuai dengan standar peraturan industri. "Pengukuran kualitas layanan dilakukan pada jaringan 2G dan 3G kami mulai dari suara, SMS, data, hingga layanan Internet dan BlackBerry," katanya.

Dan hasil dari Uji Jaringan menunjukkan operator itu mampu memberikan layanan baik dengan rata-rata keberhasilan panggilan 99 persen (Average Call Set-up Successful Rate) di rute yang diujikan. Muslim mengatakan, pihaknya secara berkala melakukan uji jaringan untuk mengukur dan mempertahankan kualitas jaringannya.

Namun, uji jaringan kali ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan demi melayani lonjakan trafik yang akan terjadi selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Hasil dari uji jaringan ini akan menjadi acuan kami untuk lebih memaksimalkan kapabilitas jaringan dan infrastrukturnya sehingga kami dapat memenuhi komitmen kami untuk selalu memberikan lebih kepada para pelanggan kami."

Pihaknya memproyeksikan akan terjadi Lonjakan trafik selama Ramadan dan Idul Fitri khusus untuk pengguna operator itu. Jaringan Axis saat ini didukung oleh lebih dari 4500 Base Transceiver Station (BTS) yang tersebar di seluruh wilayah operasionalnya.

Untuk mendukung promosi Ramadan dan mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, pihaknya telah mempersiapkan peningkatan kapasitas di jaringan dan infrastruktur utama.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement