Jumat 30 Jul 2010 08:28 WIB

Trafik Lebaran XL Diprediksi Naik 50 Persen

BTS Hijau XL
Foto: XL
BTS Hijau XL

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--PT Excelcomindo Pratama (XL) telah menambah "base transceiver station" (BTS)) sebagai persiapan menjelang Lebaran tahun ini.

"Penambahan BTS baru dalam tiga bulan rata-rata 60 buah per bulan dan kalau untuk wilayah Jateng secara keseluruhan penambahan BTS mencapai 100 buah per bulan," kata Haryanto Aji, RF Optimization Coordinator North Central Java PT Exelcomindo Pratama, di sela-sela acara pisah sambut RSOM Central Java, di Semarang, Kamis.

Haryanto mengatakan penambahan BTS tersebut dimaksudkan untuk mengatasi perubahan pola "traffic" telepon, SMS, dan data yang biasanya sibuk pada pukul 20.00 WIB, maka pada Ramadhan akan bergeser pada pukul 03.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. "Kita memprediksikan kenaikan 'traffic' telepon, SMS, dan data pada Lebaran tahun ini 50 persen dibanding hari biasa," katanya.

Ia menjelaskan bukan hanya penambahan BTS, akan tetapi XL juga telah melakukan pengecekan sinyal di sepanjang jalur mudik untuk mengetahui kekuatan di masing-masing titik Sejumlah wilayah dengan kondisi sinyal lemah di antaranya di daerah Rembang, Batang, dan daerah pantai selatan. "Hasil pengecekan 98 persen sudah tercover di sepanjang jalur mudik. Sedangkan untuk wilayah yang sinyalnya rendah maka ditangani dengan mobil BTS," katanya.

Ia menjelaskan mobil BTS tersebut untuk membantu penambahan kapasitas dan mengatasi sinyal yang rendah. Mobil BTS lebih praktis dan akan sangat membantu untuk mengatasi naiknya jalur telepon dan pengiriman pesan singkat (short message service atau SMS).

"Di wilayah yang sinyalnya lemah, akan kita atasi dengan mobil BTS. Akan ada sekitar 30 unit hingga 40 unit mobil BTS yang akan kita tempatkan," katanya. Haryanto menambahkan bukan hanya mengecek sinyal di sepanjang jalur mudik, akan tetapi XL juga mengecek di tempat publik seperti terminal, bandara, dan stasiun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement