REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sherina menjadi Brand Ambassador Simpati Freedom. Produk prabayar terbaru Telkomsel ini diperkenalkan secara serentak di Jakarta dan seluruh perwakilan Telkomsel di Indonesia, Kamis (22/7).
Kehadiran Sherina tak urung mengundang spekulasi bahwa Simpati Freedom bakal membidik kalangn muda dan profesional pengguna prabayar. VP Channel Management Telkomsel, Gideon Edi Purnomo membenarkan bahwa Simpati Freedom memang dirancang untuk membidik anak muda atau kalangan muda.
Segmen anak muda yang dibidik Simpati Freedom, tak urung, bakal berbenturan dengan saudara kandungnya, Kartu As yang memang dirancang untuk kalangan muda dan pelanggan rural. ''Benturan seperti ini hal yang biasa. Namun jika ditinjau lebih mendalam, sebenarnya ada perbedaan segmentasi antara Simpati dengan Kartu AS,'' ujar Gideon. Iapun optimistis kehadiran Simpati Freedom tidak akan menghambat pertumbuhan KartuAs.
Kehadiran Simpati Freedom memang mengundang pertanyaan, pasalnya kartu prabayar baru biasanya dirilis menjelang akhir tahun atau awal tahun. Banyak kalangan menilai bahwa Simpati Freedom dijadikan kendaraan bagi Telkomsel untuk mencapai target pelanggan 100 juta di akhir tahun.
Ihwal waktu peluncuran, VP Product Marketing Lindayati Harjono menyatakan tak ada yang baku. ''Kalau selama ini diluncurkan akhir tahun, sekarang kita membuat satu kebiasaan yang baru, tengah tahun,'' ujarnya menjawab pertanyaan wartawan.
Ihwal target yang ingin dicapai, Lindayati Harjono enggan berbicara soal angka. ''Target kami ya sebanyak mungkin pelanggan menggunakan kartu ini,'' kata Lindayati di saat peluncuran Simpati Freedom di Jakarta, Kamis.
Hingga Juni 2010, pelanggan Telkomsel telah mencapai 88,6 juta. Tahun ini, operator terbesar di Indonesia ini mematok target pelanggan 100 juta. Artinya, masih ada sekitar 11,4 juta pelanggan baru yang ingin digaet Telkomsel hingga akhir tahun 2010.
Gideon Edi Purnomo optimistis target itu bisa dicapai. ''Sebentar lagi Ramadhan dan Idul Fitri, potensi pasarnya sangat besar, belum lagi akhir tahun,'' kata Gideon.
Ketika ditanya apakah Simpati Freedom sengaja diluncurkan untuk melempangkan jalan Telkomsel mencapai target 100 juta pelanggan, Gideon tidak menolak kemungkinkan itu. ''Salah satu strategi yang dikembangkan melalui Simpati Freedom,'' kata Gideon.
Kartu prabayar dengan nomor 0821xxx ini, mulai dipasarkan serentak pekan ini. Gideon mengaku telah menyiapkan sekitar 7,5 juta unit kartu Simpati Freedom untuk pemasaran bulan Juni. ''Kalau kurang, kita siapkan lagi 7,5 juta unit lagi,'' papar Gideon.
Gideon menyatakan potensi pasar kartu prabayar di Indonesia masih sangat tinggi. Ia optimistis Simpati Freedom akan diminati pelanggan, apalagi kartu ini menawarkan aneka benefit dan hadir dengan nomor baru yakni 0821xxxxx.