Senin 19 Jul 2010 01:47 WIB

Telkom akan Percepat Pembangunan Jaringan Serat Optik

Rep: cepi setiadi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) secara konsisten menggelar infrastruktur serat optik di berbagai wilayah di Indonesia khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia menyatakan, keseriusan ini merupakan wujud komitmen Telkom untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas layanan data, internet dan teknologi informasi yang saat ini permintaan layanan tersebut menunjukan peningkatan yang cukup berarti.

''Telkom berkomitmen meningkatkan layanan data, internet dan teknologi informasi mengingat kebutuhan terhadap layanan tersebut semakin hari semakin meningkat,'' kata Eddy dalam siaran persnya Ahad (18/7). Menurut Eddy, layanan data, internet dan teknologi informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan, tidak hanya untuk kepentingan bisnis, tetapi juga hiburan dan keluarga. ''Karenanya Telkom berkomitmen menyediakan akses yang handal,'' kata dia.

Ini kata Eddy, bercermin dari Laporan Kinerja Telkom Triwulan I/2010 di mana terjadi peningkatan permintaan layanan data, internet dan teknologi informasi yang cukup mencolok. ''Tren peningkatanan layanan data, internet dan teknologi informasi memang secara konsisten meningkat,'' tegas Eddy. Seperti terlihat pada laporan kinerja Telkom kuartal pertama 2010, pertumbuhan yang terjadi pada pendapatan Data, internet dan teknologi informatika mencapai 24,7 persen menjadi Rp5 triliun.

''Pertumbuhan pada pendapatan data, internet dan teknologi informatika ini mencerminkan strategi perusahaan dalam menumbuhkan bisnis New Wave semakin menunjukkan hasil yang terus meningkat,'' kata Eddy. Diakuinya, revenue dari fixed line memperlihatkan penurunan karena gaya hidup masyarakat yang semakin mobile.

Dengan pencapaian ini, maka kontribusi pendapatan Data, internet dan teknologi informatika terhadap total pendapatan operasi mencapai 30,1 persen, meningkat dari periode yang sama tahun 2009 yang mencapai 25,7 persen saja. Disebutkan, pertumbuhan pada pendapatan data, internet dan teknologi informatika, terutama berasal dari pendapatan internet dan data komunikasi dengan pertumbuhan sebesar 45,9 persen yang disebabkan oleh peningkatan yang signifikan atas jumlah pelanggan dan user layanan pita lebar fixed maupun mobile, yaitu Speedy dan Flash, masing-masing sebesar 79 persen dan 607 persen.

Eddy menambahkan, peningkatan yang sama terlihat pada layanan data untuk segmen konsumer, sampai dengan April 2010. Jumlah pelanggan Speedy tercatat sudah mencapai hampir 1,3 juta SSL (Satuan Sambungan Layanan), atau meningkat lebih dari 69,7 persen dibanding jumlah pelanggan yang sama pada 2009 yang baru berjumlah 683 ribu SSL. ''Berdasarkan tren performansi tahun 2008 dan 2009, kami optimis target 2 juta SSL yang ditetapkan Telkom bisa tercapai pada akhir 2010,''kata Eddy.

Sementara hingga Triwulan I/2010 pelanggan wireless broadband Telkomsel Flash mencapai 2,2 juta pelanggan. Ini berarti tumbuh sekitar 606 persen persen dibanding Triwulan I/2009 yang baru 302 ribu pelanggan. Akhir tahun 2010 diperkirakan pelanggan Flash akan mencapai 5 juta pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement