REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Program nada sambung pribadi gratis yang dirilis Telkomsel pekan lalu, menuai protes. Sejumlah pelanggan mengaku terpotong pulsanya, sekalipun yang bersangkutan menyatakan tidak mengikuti promo NSP gratis tersebut.
Pada Jumat (2/7), Telkomsel mengirim pemberitahuan kepada pelanggan mengenai promo NSP gratis dari The Changcuters. NSP bertajuk Ayo Semangat merupakan produk ekslusif untuk pelanggan Telkomsel saja.
Telkomselpun menawarkan promo ini. Bagi yang berminat, diminta tidak memberikan respon apa-apa dan menunggu korfimasi pada tanggal 5 Juli 2010. Yang tidak berminat diminta memberikan jawaban no melalui SMS.
Telkomsel menawarkan gratis pada pekan pertama. Pada pekan kedua dan ketiga, pelanggan cukup membayar Rp 1.500 per minggu. ''Minggu ke empat dan seterusnya berlaku harga normal,'' kata GM Digital Msuic Technical Telkomsel, Edhi Muharam .
Masalah muncul tatkala pelanggan yang memberikan jawaban no dibebani biaya SMS. Sementara program ini gratis. Dari penelusuran internal terungkap ada sistem yang belum 'match' dengan program. ''Sehingga pelanggan yang menjawab no dikenai biaya SMS. Padahal baik pelanggan yang bersedia maupun tidak bersedia, tidk akan dikenai biaya SMS,'' kata GM Digital Msuic Technical Telkomsel, Edhi Muharam.
Mensikapi hal itu Edhi memastikan bahwa Telkomsel akan mengembalikan (refund) pulsa yang terlanjur terpotong. Ia juga menegaskan bahwa program NSP gratis tidak diinject begitu saja, sehingga pelanggan yang setuju atau tidak setuju dikenai pulsa. '' Ada kesalahan di sistem kami, solusinya kami refund, '' katanya.
Ia mengaku belum tahu secara persis berapa pelanggan yang terpotong pulsanya akibat program ini. ''Dari sekitar 5 juta pelanggan yang mendapat broadcast SMS ada sekitar 450 ribu pelanggan yang menyatakan tidak berminat dengan NSP Changcuter,'' kata Edhi.
Mereka yang tidak berminat, memberikan jawaban 'no'. Karena memberikan jawaban no--melalui SMS--, pulsa mereka terpotong sebesar tarif SMS yang berkisar antara Rp 250 hingga Rp 350,- ''Seharusnya tidak terpotong pulsanya, karena program ini gratis, baik menerima atau menjawab SMS serta menggunakan NSP pada minggu pertama,'' kata Edhi.
Berdasarkan pada penelusuran sistem dan server di Telkomsel, dari 450 ribu pelanggan tadi hanya sekitar 80 persen saja yang terpotong pulsanya. ''Konsekuensinya ya kita kembalikan,'' kata Manajer Digital Music Partnership, Endra Diputra.
Proses pengembalian diperkirakan akan tuntas hingga tujuh hari ke depan. ''Pengembalian dilakukan bertahap, mengingat jumlah pelanggan yang banyak,'' papar Endra. Refund diharapkan tuntas dalam waktu sepekan. ''Untuk pengembalian pulsa kita akan berikan notifkasi, biar pelanggan tahu dan bisa mencek langsung di pulsanya,'' kata Endra.