Jumat 25 Jun 2010 00:08 WIB

Apakah Gambar Foto ini Benar-benar Pesawat UFO?

Awan yang tampak seperti pesawat makhluk asing.
Foto: Brian Wilton-dailymail
Awan yang tampak seperti pesawat makhluk asing.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Ketika Anda memandang ke arah langit dan melihat pemandangan seperti gambar disamping. Pemikiran yang paling mungkin terlintas adalah kapal UFO (Unidentified Flying Object) dari luar angkasa.

Tapi apakah yang Anda lihat itu benar-benar kapal milik makhluk asing yang tengah berkunjung ke bumi?

Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Yang Anda lihat itu adalah awan. Namun, awan tersebut memang sangat nyata membentuk layaknya kapal UFO.

Awan berbentuk kapal UFO itu diabadikan oleh seorang fotografer, Brian Wilton bersama istrinya, Isobel ketika sedang berakhir pekan di kota Crieff, Perthshire di Skotlandia.

"Kami tidak bisa mempercayainya. Hal itu tampak sebuah adegan di film Close Encounters of the Third Kind yaitu ketika pesawat itu akan mendarat," ujar Brian Wilson.

Brian meyakini bahwa awal itu termasuk jenis altocumulus lenticularis, awan yang berbentuk buah almond atau lensa yang tampak berisi namun menyebar dengan cepat. Awan itu kemudian tampak lebih menakutkan karena efek cahaya dari matahari.

Bentuk awan yang menyerupai jamur itu pertama kali diabadikan di Pulau Mykonos, Yunani. Gambar itu tampak seperti tes senjata nuklir di Pasifik Selatan pada tahun 1940-an hingga 1950-an, merupakan contoh mengejutkan dari awan jenis cumulonimbus incus.

Diyakini, awan jenis itu terbentuk ketika udara lembab yang panas kemudian naik ke udara dingin dan mengembun.

Tampilan awan tersebut rata dari luar, namun tersembunyi dari bawah ke atas, memberikan penampilan dari jamur.

sumber : dailymail
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement