Jumat 25 Jun 2010 00:02 WIB

2011, Google Siap Goyang Dominasi iTunes

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Android Marketplace
Android Marketplace

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Melihat iTunes begitu digdaya dengan bisnis musik digitalnya, Google pun terdorong bertindak cepat. Langkah segera yang dilakukan raksasa pencarian dunia maya itu ialah memperkenalkan toko musik digital tandingan 2011, demikian tulis harian The Wall Street Journal.

Sayangnya, tidak disebutkan label mana yang dirangkul Google untuk mewujudkan ambisi tersebut. Sebelumnya, rumor Google menghadirkan toko musik digital sudah menyeruak sejak 2009. Namun, kabar itu kemudian tenggelam dan menghilang.

"Google nampaknya secara perlahan mempersiapkan layanan baru yang bakal disematkan pada ponsel android mereka. Layanan ini bakal diperkenalkan beberapa bulan mendatang," demikian The Wall Street Journal.

Perkembangan bisnis pencarian lagu selama ini didominasi Apple lewat iTunes. Google, yang mapan sebagai mesin pencarian melakukan ekspansi dan mengawali dengan sistem operasi android. Sistem operasi ini ditenggarai berniat menggeser Apple dengan iPhone-nya. 

Meski Google belum memberikan keterangan resmi mengenai kemungkinan tersebut, spekulasi terus berkembang. Namun, isyarat itu tertangkap pada konferensi pengembang software  bulan lalu.

Kala ityu Google memberikan preview tentang bagaimana sebuah lagu dapat didownload melalui Android Marketplace. Itu sudah cukup menunjukkan bahwa Google berencana mengarah ke pasar musik digital.

Hingga kini, iTunes masih mendominasi pasar musik digital dengan pangsa pasar mencapai lebih dari 70 persen. Posisi kedua disusul toko MP3 Amazon yang menguasai 12 persen pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement