Kamis 24 Jun 2010 05:54 WIB

Masuk Pasar EVDO, Bakrie Telecom Kembangkan BConnect

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) mengembangkan unit usaha baru, PT. Bakrie Connectivity (BConnect). Perusahaan baru akan memasarkan layanan internet broadband wireless access (BWA) berkecepatan tinggi berbasis CDMA teknologi EVDO.

”Kehadiran Bakrie Connectivity akan menjawab sekaligus memenuhi keinginan para pengguna internet broadband di Indonesia. Hal ini disebabkan karena potensi internet broadband sangat luar biasa di Indonesia”, papar Direktur Utama BTEL, Anindya N. Bakrie.

Merujuk pada Data ITU (International Telecommunication Union), Anindya mengemukakan bahwa pada tahun 2009 ada 30 juta pengguna internet di Indonesia atau baru mencapai 12,5% penetrasinya. Sementara data sebuah lembaga konsultan dan riset bisnis internasional menyatakan akan ada 234 juta pelanggan selular di Indonesia atau 90 persen dari populasi penduduk di tahun 2014. Dari jumlah tersebut 20% diproyeksikan akan menjadi pelanggan 3G. Sedangkan kontribusi pendapatan mobile data akan tumbuh 40 persen.

Demikian pula pertumbuhan distibusi komputer yang tumbuh antara 25 persen hingga 30 persen setiap tahunnya. Data IDC memperlihatkan di tahun 2009 distibusi komputer ada 2,5 juta dan diperkirakan naik menjadi 3,5 juta di tahun 2010. Pertumbuhan distribusi komputer tersebut turut mendukung perkembangan penggunaan internet  di Indonesia.

Menurut Anindya, pengembangan bisnis Bakrie Connectivity adalah berorientasi pada kemudahan pemakaian  produk, memberi layanan dan konten yang menarik  serta pengenaan tarif yang bukan hanya terjangkau tapi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen. Orientasi inilah diyakini oleh perusahaan akan memberi dampak positif kepada masyarakat pengguna jaringan internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement