Selasa 22 Jun 2010 22:54 WIB

Toshiba Rilis Laptop Berlayar Sentuh Ganda, Niat Hadang iPad?

Libretto W100, mini laptop dengan dua layar sentuh dari Toshiba
Foto: TELEGRAPH
Libretto W100, mini laptop dengan dua layar sentuh dari Toshiba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Toshiba baru saja meluncurkan mini laptop terbarunya dengan keistimewaan dua layar sentuh ganda. Mini laptop itu didesain untuk beselancar di internet, mengirim dan menerima email serta mengikuti kecepatan pergerakan situs-situs jejaring sosial.

Libretto W100, nama yang disematkan Toshiba untuk piranti besutannya, berjalan dengan sistem operasi Windows 7 Microsoft dan memiliki dua layar sentuh LED-backlit berukuran 7 inchi. Toshiba menyatakan piranti sengaja didesain dalam ukuran yang kompak dengan konsep bentuk clamshell (dua kulit kerang mengatup) untuk menghadirkan kualitas--yang mereka klaim--"fleksibilitas tanpa tandingan".

Mungkinkah, klaim itu ungkapan halus niat Toshiba untuk memperlambat atau bahkan menghadang laju salah satu jagoan terbaru Apple, iPad yang baru rilis ke pasar awal tahun ini? Tapi bila dilihat spesifikasi yang dimaksud, sah saja dugaan tersebut muncul.

Satu layar dapat digunakan untuk kreasi konten, seperti menulis dalam dokumen Word atau membuat email, sedangkan layar lain dapat digunakan untuk beselancar dan menjelajah dunia maya, jejaring sosial atau menjalankan program multimedia lain. "Sebagai tambahan, piranti dapat pula digunakan secara vertikal berkat teknologi akselerometer yang terintegrasi," demikian ujar pernyataan resmi perusahaan yang menemukan teknologi laptop pertama kali pada 25 tahun lalu.

Dengan demikian pengguna dapat bekerja di atas papan ketik virtual yang memberi respon sentuhan balik demi menghadirkan sensasi fisik mirip saat tombol ditekan. Beda dengan iPad, bila pengguna ingin memakai dalam posisi vertikal dengan dudukan, atau mereka yang  tidak terbiasa dengan pena stylus, keyboard tambahan diluar piranti mungkin masih diperlukan.

Lalu bagaimana dengan organ utama mini laptop? Sebagai inti kinerja, Libretto W100 menggunakan prosesor Intel dan drive memori solid state sebesar 62 GB untuk menyimpan aplikasi, dokumen, film, foto dan musik.

Tak ketinggalan fitur Wi-Fi dan Bluetooth tidak absen dalam spesifikasi. Bahkan ada pula versi 3G yang bakal memungkinkan pengguna menjelajah lewat jaringan internet dari ponsel.

Sayangnya Toshiba masih belum mengungkap berapa detail banderol yang akan dilekatkan. Namun dengan spesifikasi tersebut, Libretto tak bisa dikategorikan piranti kelas menengah apalagi bawah.

sumber : Telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement