Rabu 16 Jun 2010 03:21 WIB

200 Robot akan Bersaing Bangun "Candi Prambanan"

ilustrasi
Foto: .
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sebanyak 200 robot karya mahasiswa Indonesia akan menampilkan kemampuan membangun "Candi Prambanan" dengan menggunakan blok, pada Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, Kontes Robot Seni Indonesia 2010 yang bakal diadakan di Malang, Jawa Timur, pada 19-20 Juni 2010. "Pembuatan robot-robot tersebut membuktikan bahwa kemampuan para mahasiswa Indonesia tidak kalah dengan mahasiswa luar," kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Kontes robot yang terdiri dari Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) merupakan kontes yang relatif masih baru diselenggarakan sejak tahun 2009 ke-2 baru diselenggarakan selam dua tahun. Selain menbangun miniatur candi, robot peserta juga  diharuskan bisa menari menari Pendet dari Bali. Sedangkan dalam KRCI, robot harus bisa memadamkan api yang berasal dari lilin.

Para peserta ini terdiri dari 98 tim yang berasal dari 148 perguruan tinggi negeri dan swasta. Seluruh tim ini terseleksi dari 306 tim yang bertanding dalam kontes tingkat regional daerah.

Para peserta mendapat biaya pengganti untuk pembuatan robot. Untuk KRI mendapat biaya pengganti Rp 5 juta, KRCI mendapat Rp 3 juta dan KRSI mendapat Rp 10 juta. Bagi pemenang masing-masing kriteria untuk juara I mendapat hadiah berupa uang Rp 2 juta, juara II mendapat Rp 1,5 juta, dan juara III mendapat Rp satu juta.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement