Rabu 09 Jun 2010 23:04 WIB

2010, Pengakses Situs Jejaring Sosial Naik 240 Persen

Rep: CR2/berbagai sumber/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jejaring Sosial (Illustrasi)
Foto: TANGGAMIMPI
Jejaring Sosial (Illustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kecepatan dan kemudahan akses yang didukung pula kecanggihan teknologi ponsel membuat posisi situs jejaring sosial kian berjaya. Hasil laporan yang dirilis perusahaan riset Comscore menyebutkan akses situs jejaring sosial di AS mengalami kenaikan hingga 240 persen. Kenaikan ini mencapai dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Pada April 2009 lalu, pengakses situs jejaring sosial macam Facebook, Twitter, MySpace mencapai 6 juta. Setahun kemudian, April tahun ini, jumlah itu membengkak menjadi 14.5 juta pengakses pada April tahun ini. Kenaikan yang sama juga terjadi pada pengakses situs jejaring sosial via ponsel dimana pengakses situs jejaring sosial versi mobile mencapai 30 juta pengakses atau naik 90 persen dari tahun sebelumnya.

Aplikasi berita pun mengalami pertumbuhan yang pesat. Peningkatan penggunaan konten berita meningkat sebesar 124%. Peningkatan ini antara lain dimotori oleh aplikasi mobile banking yang juga melonjak bila dibandingkan pada bulan yang sama pada tahun lalu. Secara keseluruhan, aplikasi mobile tumbuh 28% dari tahun ke tahun, sementara aktivitas mobile meningkat 31%.

Ihwal laporan itu, Mark Donovan, Senior Vice President ComScore mengatakan dengan peningkatan akses internet via ponsel, apakah itu via aplikasi, browser atau keduanya menjadikan investasi pada pasar konten mobile begitu besar.

"Jaringan sosial merupakan jenis aplikasi mobile yang paling cepat berkembang. Lebih 20 persen dari pengguna ponsel mengakses situs jaringan sosial melalui telepon mereka. Kita perkirakan konsumsi ini kian meningkat di masa depan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement