Selasa 08 Jun 2010 03:59 WIB

Apa yang Layak Diharap dari iPhone 4G?

iPhone 4G
iPhone 4G

REPUBLIKA.CO.ID,  Ketika Steve Jobs akan menjadi pembicara utama di Worldwide Developer Conference Apple, Senin (7/6) ini, semua orang tahu ia akan mengenalkan iPhone baru yang berjalan di sistem operasi (OS) diperbarui--dilabeli iPhone OS 4. Namun yang belum diketahui, sekaligus akan menjadi kejutan, ialah sepesifikasi baru apa yang akan diusung iPhone baru.

Sambil menunggu kejutan dari sang CEO Apple, Steve, ada baiknya kita daftar hal-hal yang layak diharapkan dari piranti baru tersebut. Berikut ini adalah lima hal yang menurut anggapan Appolocius Advisor.

Software Baru lebih mantap dan bersifat multitasking

iPhone OS 4 baru jelas akan memiliki peningkatan nyata dibanding OS saat ini. Terutama, ia akan mengizinkan pengguna untuk membuka tujuh aplikasi, sekaligus menjalankannya secara bersamaan, fitur yang sangat multitasking. Satu lagi fitur baru cocok bagi mereka yang terobsesi aplikasi, yakni folders. Dengan folders, anda mampu mengorganisasi aplikasi lebih mudah dengan hanya menggeser sebuah games ke satu folder atau ke aplikasi jejaring sosial anda--Facebook, Foursquare, LinkedIn--ke folder lain

Tak hanya itu, software OS 4, tersedia bagi semua pengguna iPhone terdahulu. Hanya saja, tidak semua fitur akan bekerja di semua tipe iPhone. Fitur Multitasking misal, tak bisa dioperasikan ke iPhone 3G, namun ia dapat digunakan di 3Gs.

Fitur lain yang diharapkan ada adalah sinkronisasi teknologi wireless. Ini tentu jauh lebih baik dari menyambungkan kabel USB ke komputer anda hampir setiap hari. Ini merupakan salah satu permintaan kecil yang diajukan pengguna. Jika piranti ini menghadirkan pula backup otomatis untuk komputer Mac, jelas akan lebih baik.

iPhone yang lebih langsing sekaligus lebih besar

Lebih langsing di sini berarti ponsel yang lebih tipis, yang lebih pas ukuran kantong atau dompet anda dan semoga saja juga lebih ringan. Sementara lebih besar, yakni harapan Apple akan memberi lebih banyak kapasitas memori dalam ponsel. iPhone 3Gs hadir dengan memori 16G atau 32 GB. Analis dari Gene Munster, Piper Jaffrai, berspeklulasi bahwa iPhone 4G akan menawarkan memori 32 GB seharga 199 dolar (sekitar Rp2 jutaan) dan 64 GB untuk 299 dolar (Rp3 jutaan).

Kamera menghadap kedepan.

Fitur ini sepertinya akan dimasukkan dalam obrolan video dengan layanan terkini seperti milik Skype. Anda harus mampu menjepret foto diri dalam tampilan lebih baik pula untuk kebutuhan semua jejaring sosial yang anda ikuti. Semoga kamera akan menawarkan resolusi minimal 5 megapiksel (resolusi lebih tentu sangat bagus), sebuah peningkatan dari kapasitas 3 piksel dalam iPhone 3 Gs.

Seperti fitur-fitur baru lain yang akhirnya nongol di iPhone, kamera menghadap wajah dapat ditemukan pula dalam produk pesaing. Bahkan kamera menghadap wajah adalah fitur berguna dan menjadi titik berat ponsel pintar saat ini--yang lebih mirip komputer mini ketimbang sebuah telepon jinjing.

Info Tanggal Rilis.

Jadi, yang paling diharap selain peluncuran adalah tanggal rilis ke pasaran, kapan iPhone muncul di toko-toko. Bisa jadi piranti paling diantisipasi itu sudah beredar pada minggu keempat bulan Juni. Bila ia berencana meluncurkan resmi ke pasar bulan depan, ia harus berhitung, sebab awal Juli bertepatan dengan hari libur Kemerdekaan AS. Tapi, mengingat ego Steve cukup besar untuk tak peduli hal macam itu, skenario apa pun mungkin terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement