Sabtu 05 Jun 2010 01:06 WIB

Microsoft Siapkan Windows CE 7, Khusus Netbook dan Tablet

Rep: CR2/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Windows Embeded Compact 7
Foto: MICROSOFT (SNAPSHOT)/REPUBLIKA.CO.ID
Windows Embeded Compact 7

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Gagal total menggarap Windows Vista hingga sukses menggantinya dengan Windows 7, lalu munculnya tren komputer tablet berpengaruh terhadap rencana microsoft. Perusahaan milik Bill Gates itu tak mau lagi kecolongan dan menginginkan Windows tetap mendominasi sebagai sistem operasi yang digunakan pada komputer rumahan, komputer jinjing hingga komputer tablet.

Awalnya, Microsoft bakal menasbihkan Windows 7 sebagai "roh" pada netbook atau komputer tablet. Namun, spesifikasi Windows 7 terlalu berat bagi kedua jenis gadget tadi. Mau tidak mau, guna memuluskan rencana Windows 7 sebagai OS unggulan di piranti jinjing, Microsoft harus membuat versi ringannya.

OS Versi ringan itu kini dikenal dengan nama Microsoft Embedded Compact 7 (Windows CE7). OS istimewa ini telah dipersiapkan sebagai OS khusus netbook atau Tablet PC nantinya.

Windows CE7 ini persis sama dengan Windows CE. Mengingat bakal difokuskan pada OS untuk media hiburan maka tampilan di Windows 7 didesain sedikit berbeda. Akses untuk beberapa menu seperti musik, browsing dan video nampak mencolok. Tak hanya itu, Microsoft CE7 juga dibekali fitur Multi Touch dan fitur "Cellular Network" untuk urusan internet maupun fungsi telpon.

Corporate vice presiden divisi Original Equipment Manufacturer (OEM) di Microsoft, Steve Guggenheimer, menuturkan platform Windows menciptakan peluang nyata bagi mitra perangkat keras kami untuk keragaman produk mereka dan memberikan pengalaman komputasi yang kaya di berbagai perangkat. "Windows Embedded Compact 7 toolkit memungkinkan pelanggan memperoleh pengalaman yang lebih kaya terkait perangkat khusus," paparnya.

Menarik ditunggu, bagaimana kemampuan Windows CE7 ini ketika harus berhadapan dengan sistem operasi yang dibuat Apple pada iPad pada komputer tablet yang kini tengah berkembang pesat. Bagi anda yang tertarik mencoba, Microsoft membuka versi icip-icip Windows Embedded Compact 7 dalam program Review Teknologi Komunitas Publik (Public CTP) yang dapat diunduh di situs resmi mereka.

Berikut spesifikasi utama dari sistem operasi Windows CE 7 :

=> OS Windows Embedded Compact 7

=> Processor Nvidia Tegra 2

=> RAM 512 MB

=> Storage 16, 32, 64 GB SSD

=> Screen 10 inch capacitive

=> Camera 0,3 megapixel

=> Audio Hi-def Audio Codec Stereo Speakers

=> Battery Lithium Polymer

=> Connectivity WIFI B, G, N, DLNA

=> WWAN Optional 3G

=> TV-out Via optional HDMI docking cradle

=> Price $399 to $499

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement