Kamis 03 Jun 2010 23:29 WIB

Facebook, Pilihan Terfavorit Pengguna Ponsel Pintar

Rep: CR2/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Facebook dalam telepon selular
Facebook dalam telepon selular

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Dominasi facebook sebagai aplikasi favorit belum tergoyahkan. Di Amerika Serikat, sebuah survei mengungkap hampir semua pengguna ponsel pintar atau smartphone memiliki aplikasi Facebook di dalamnya. Anehnya, Twitter yang notabene kian menanjak pelanggannya tak termasuk aplikasi terfavorit.

Survei yang digagas Nielsen ini juga menyebutkan aplikasi Facebook merupakan aplikasi yang paling sering digunakan pemilik iPhone, iPod bahkan iPad. Hasil serupa juga tercatat pada pengguna Blackberry. Namun, khusus pengguna Android, Facebook bukanlah yang terfavorit.

Sebelumnya, survei yang  melibatkan lebih dari 4.200 partisipan ini mencatat pengguna smartphone yang telah mengunduh berbagai aplikasi dalam sebulan terakhir. Hasilnya, 58 persen dari partisipan yang menggunakan iPhone dan iPod Touch, menggunakan aplikasi Facebook. Setelah itu, Google Maps menjadi aplikasi favorit berikutnya dengan prosentase 34 persen, disusul kemudian oleh aplikasi ramalan cuaca Weather Channel, 28 persen.

Sementara pada ponsel BlackBerry, 51 persen penggunanya menggunakan aplikasi Facebook, disusul Google Maps dan Weather. Tak ketinggalan, saluran siaran olahraga ESPN dan layanan musik Pandora menjadi aplikasi berikutnya yang digemari pengguna BlackBerry.

Hasil berbeda, sejauh ini, dicatat pengguna ponsel Android,  mereka lebih memilih google maps sebagai aplikasi favorit mereka, disusul Weather Channel dan Pandora pada posisi berikutnya. Khusus pengguna Android, selera mereka berbeda dengan pengguna Apple atau Blackberry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement