Rabu 02 Jun 2010 02:54 WIB

Telkom Operasikan SME Center di Tanggulangin

Rep: cepi setiadi/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) meresmikan Small Medium Enterprise (SME) Center di Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Executive General Manager Divisi Business Service Telkom Indonesia, Slamet Riyadi menyatakan persemian SME Center ini dalam rangka mendukung dan mengembangkan bisnis UKM di Tanggulangin.

''SME ini merupakan hasil sinergi antara Telkom dengan Dinas Koperasi Kabupaten Sidoarjo serta para UKM di Tanggulangin,''kata Slamet dalam keterangan persnya yang diterima Republika, Selasa (1/6).

Peresmian SME Center dilakukan bersamaan dengan pembukaan Tanggulangin Fair yang dilakukan oleh Bupati Sidoarjo, Win Hendrarso. Tanggulangin Fair sendiri akan berlangsung hingga 30 Juni 2010 dengan partisipasi aktif seluruh UKM di Tanggulangin khususnya sebanyak 300 UKM serta UKM di Sekitar Sdoarjo pada umumnya.

Slamet Riyadi menyatakan, SME Center Tanggulangin merupakan pusat pelayanan pelanggan yang diselenggarakan oleh Telkom Divisi Business Service untuk melayani pelanggan bisnis/UKM terhadap pemenuhan kebutuhan jasa layanan Telkom dan atau Telkom Group melalui berbagai aktivitas program pembinaan dan pengembangan UKM secara terpadu.

Selain untuk mensosialisasikan Telkom sebagai mitra bisnis UKM, didirikannya SME Center di Tanggulangin ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, daya saing dan permberdayaan UKM melalui penyediaan solusi ICT sebagai business enabler.''Selain itu menyediakan fasilitas pembinaan UKM yang meliputi pelatihan, dukungan solusi dalam bidang bisnis, marketing, financial, dan desain,'' kata Slamet.

Disebutkan, SME Center memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai communication center, community center dan commerce center. Berfungsi sebagai communication center karena dalam SME center terdapat berbagai fasilitas perkantoran yang modern antara lain fungsi virtual office meliputi, telephone, fax, internet acces, webcam conference, dan sms broadcast. ''Yang dimaksud dengan virtual office di sini adalah representative matriks dari sebuah kantor perusahaan yang memiliki alamat virtual office di SME Center meliputi; alamat telepon, alamat surat, meeting room, webcam, dan conference,'' terang Slamet.

Sementara itu, Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia mengharapkan dengan keberadaan SME Center di Tanggulangin ini, dapat menggairahkan bisnis UKM di Tanggulangin, Sidoarjo.''Dan selanjutnya di Indonesia akan semakin berkembang dan tumbuh menjadi UKM-UKM yang berdaya saing bisnis di pasar global dengan mengimplementasikan solusi teknologi informasi sebagai business enabler,'' kata Eddy.

Pada kesempatan tersebut lanjut Eddy, sebagai komitmen terhadap program CSR (Corporate Social Responsibility), Telkom menyerahkan bantuan kemitraan dana bergulir sebesar Rp. 4,198 M untuk 171 UKM di Jawa Timur. Di sidoarjo diserahkan kepada 20 UKM senilai Rp498 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement