Jumat 28 May 2010 02:34 WIB

Nitro PDF Siap Goyang Posisi Adobe Reader

Rep: CR2/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Nitro PDF
Nitro PDF

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY--Dominasi Adobe Acrobat Reader sebagai penguasa aplikasi pembaca file PDF tengah terancam. Kompetitor mereka, Nitro PDF tak lama lagi meluncurkan aplikasi PDF versi beta melalui website resminya www.nitropdf.com.

Berbeda dengan Acrobat Reader yang hanya sekedar membaca file, aplikasi buatan Nitro memungkinkan penggunanya menambahkan catatan atau mengedit tulisan lalu menyimpannya. Adobe yang tahu gelagat Nitro segera mengeluarkan tandingannya, tapi dalam versi premium.

Chief Product Officer Nitro Lonn Lorenz sesumbar menyebut produk Adobe Reader tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. "Adobe tidak memahami perubahan orang-orang yang bekerja menggunakan file PDF," kata Lorenz seperti dikutip The Age, Kamis (27/5). Mantan pegawai Adobe tersebut menambahkan banyak para pengguna Adobe yang kecewa.

Lorenz pun kembali sesumbar dengan mengklaim aplikasi pembaca PDF Nitro lebih aman ketimbang Adobe Reader. Ia menyebut berdasarkan laporan dari firma keamanan komputer dan internet Symantec, sejumlah dokumen PDF rentan terserang virus dan sebanyak 49 persen di antaranya merupakan serangan berbasis web. "Perlu diketahui, Adobe sangat rentan diserang," cetusnya.

Karena itu, kata dia, keamanan yang dibangun Nitro telah mencakup fitur kemampuan memblokir akses ke website tertentu, mengunci file dengan password, sekaligus mematikan teknologi JavaScript yang kerap dimanfaatkan hacker untuk melakukan serangan. "Nitro Reader juga memungkinkan pengguna memindai tandatangan ke dalam komputer dan menyertakannya ke dokumen PDF pengguna," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement