Kamis 20 May 2010 05:27 WIB

Perbanyak Node B, Untuk Perkuat Layanan Data,

Mobile Internet: Mobile internet menjadi salah satu tren baru pelanggan seluler
Foto: telkomsel
Mobile Internet: Mobile internet menjadi salah satu tren baru pelanggan seluler

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Telkomsel Area Jabotabek-Jabar berencana menambah sekitar 800-1200 node B (BTS 3G) guna meningkatkan dan memperluas kualitas layanan data berkecepatan tinggi (broadband).

''Saat ini kami sudah memili sekitar 1.700 node B di area jabotabek-jabar. Direncanakan hingga akhir tahun ditambah menjadi 2.600 hingga 3.000 node B,'' kata VP Area Jabotabek-Jabar, Venusiana Papasi. Pembangunan node B baru, kata Venus, juga seiring dengan bertambahnya bandwith yang dimiliki Telkomsel setelah mendapatkan second carrier 3G.

Untuk layanan akses internet berkecepatan tinggi berteknologi HSPA+ (next generation flash), Venus menyatakan akan dikembangkan di 24 kota di Indonesia. Sebagian kota ada di wilayah kerjanya.

Layanan data--untuk mendukung layanan Blackberry, iPhone dan Telkomsel Flash--, disebut Venusiana mengalami pertumbuhan yang signifikan di wilayah kerjanya. Seiring dengan peningkatan jumlah pelanggan, dibutuhkan peningkatan kapasitas.

Disisi lain, wilayah Jabotabek-Jabar memiliki kekhasan tersendiri dibandingkan dengan area yang lain, berkait dengan layanan data. Dari sisi jumlah pelanggan, misalnya, hampir separuh pelanggan layanan data Telkomsel di handle area Jabotabek-Jabar.

Venus kemudian menunjuk pelanggan Blackberry Internet Service. Di Jakarta pelanggan Blackberry mencapai 165 ribu, sementara jumlah pelanggan secara nasional mencapai 320 ribu. ''Pelanggan di Jakarta sekitar 50 persen jumlah total pelanggan nasional,'' katanya. Fenomena serupa juga terjadi pada pelanggan layanan Flash dan iPhone.

Menanggapi keluhan pelanggan tentang layanan Flash yang masih belum optimal, Venus yang baru delapan hari menjabat VP Area Jabotabek-Jabar, berjanji akan melakukan penelitian. ''Kita akan pelajari kasus per kasus,'' ujar Venus yang mantan VP Network Operations.

Peningkatan kualitas jaringan memang menjadi salah satu perhatian Venusiana. Ia mengakui dari sisi coverage maupun kualitas jaringan, Telkomsel masih lebih baik dibandingkan dengan operator lain. Ia kemudian menunjuk kehadiran Telkomsel hampir di seluruh wilayah Jabotabek-Jabar, termasuk kiawasan perkantoran di Jakarta.

''Dari sekitar 1900 bangunan bertingkat di Jakarta, kami telah menyediakan dukungan infrastruktur pada 80 persen bangunan. Jumlah ini akan terus kita tambah,'' kata Venus.

Ihwal pertumbuhan pelanggan dan revenue, Venus optimistis pada Q2 bisa dicapai target yang ditetapkan manajemen. ''Perkembangannya bagus, Kemungkinan lebih baik dari Q1,'' kata Venus tanpa menyebutkan angka-angka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement