Sabtu 15 May 2010 02:41 WIB

BTS HIjau: Hemat Energi Hingga 61 Persen

BTS HIjau : XL Axiata mengembangka infrastruktur telekomunikasi hemat energi melalui program BTS HIjau
Foto: XL-Axiata
BTS HIjau : XL Axiata mengembangka infrastruktur telekomunikasi hemat energi melalui program BTS HIjau

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tak mau ketinggalan dengan operator lain,  XL Axiata juga mengembangkan program base transceiver station (BTS) hijau. Konsep BTS hijau kini dikembangkan XL untuk pembangunan BTS baru.

Menggandeng Ericsson, XL membangun BTS dengan teknologi baru yang hemat energi.Green BTS yang dikembangkan Ericsson memungkinkan penghematan energi hingga 61 persen dibandingkan BTS-BTS yang dipakai oleh operator telekomunikasi pada umumnya. Konsumsi energi yang rendah pada akhirnya juga akan mengurangi penggunaan pendingin ruangan (AC), yang selama ini disinyalir berdampak pemanasan global.

Siaran Pers XL Axiata menyebutkan , salah satu site BTS hijau kini beroperasi di kawasan Sumur Batu, Jakarta Timur dan dikunjungi Direktur Network Dian Siswarini. XL Axiata mentargetkan akan mengoperasikan BTS seperti ini hingga 125 site di seluruh Jakarta.

Sementara itu, untuk area Sumatera, BTS sejenis juga telah dioperasikan oleh XL sejak 2009 bekerjasama dengan Huawei. Penggunaan perangkat network yang bersifat hemat energi dan ramah lingkungan terus diterapkan XL untuk mendukung gerakan pencegahan Global Warming.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement