Selasa 11 May 2010 22:35 WIB

Ilmuwan Utusan Obama Kunjungi LIPI

Rep: Dewi Mardiani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Utusan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di bidang Sains mengunjungi beberapa fasilitas penelitian di Indonesia yang dimulai di Cibinong Science Center (CSC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/05). Bruce Alberts, nama ilmuwan tersebut adalah guru besar dari The National Academy of Sciences (NAS-AS).

''Lawatan ini berkaitan dengan penjajakan kembali kerja sama IPTEK kedua negara sekaligus persiapan apabila Presiden Obama sewaktu-waktu berkunjung ke Indonesia,'' kata Kepala LIPI, Prof DR Umar Anggara Jeni Apt MSc sebelum menerima kunjungan balasan dari utusan AS ini. LIPI dan Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI)  sebelumnya telah melakukan kunjungan ke AS.

Kedatangan Alberts, sambungnya, akan mendorong percepatan kerja sama antara LIPI dengan institusi riset AS melalui payung hukum MoU kedua negara. ''Hal ini juga untuk membangun jejaring  saintis muda antara Indonesia dengan AS.''

Indonesia-AS bekerja sama di bidang IPTEK sejak 1978 hingga 2002 di masa Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Prof Dr BJ Habibie. ''Kerjasama dengan AS terakhir terjadi pada 2002. Hingga kini, tidak ada kerjasama lagi,'' kata Umar.

Dalam kunjungannya ini, Alberts meninjau fasilitas penelitian di CSC dan melakukan penanaman pohon. Dia juga dijadwalkan berkunjung ke Gedung Herbarium, Pusat Penelitian Biologi di CSC. Selain itu, selama di Indonesia, ilmuwan itu juga akan mengunjungi beberapa satuan kerja di LIPI  salah satunya Stasiun Penelitian Kelautan LIPI di Ternate pada 13 - 16 Mei 2010.

Alberts juga akan melihat beberapa sarana penelitian milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Serpong, Tangerang, Banten, pada Rabu (12/05). Di sana, Alberts berencana melihat beberapa fasilitas, seperti Laboratorium Teknologi dan Bioteknologi, sarana untuk alat kesehatan dan pengolahan herbal.