Selasa 11 May 2010 21:28 WIB

Facebook Konfirmasi Fitur Lokasi, Sayang Terbatas Ponsel Sentuh

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pin, Fitur lokasi pada peta (Illustrasi)
Foto: Corbis
Pin, Fitur lokasi pada peta (Illustrasi)

JAKARTA--Facebook terus berbenah. Menurut konfirmasi terbaru situs jejaring sosial terpopuler di dunia itu tengah mengembangkan fitur info berbasis lokasi. Fitur baru berangkat dari kehadiran kode yang ditemukan dalam situs touch.facebook.com yang memuat aplikasi Facebook bagi ponsel layar sentuh.

Situs Techcrunch, Senin (10/5) melaporkan dalam  kode JavaScript situs tersebut ada sesuatu yang baru bernama 'places_tab'. Sayangnya hingga kini pihak Facebook belum mengaktifkannya.

Merujuk pada kode tersebut, sepertinya Facebook bakal meluncurkan versi mobile dengan komponen lokasi berbasis HTML5.  Meski belum mengklarifikasi benar, namun terlihat indikasi layanan tersebut didesain untuk ponsel mengingat banyak penggunanya yang membuka Facebook dari piranti genggamnya tersebut

Lantas seperti apa info lokasi yang ditawarkan facebook? Fitur lokasi ini akan memiliki dua skenario. Skenario pertama, para pengguna Facebook mobile bisa langsung berbagi informasi lokasi antar mereka dan yang kedua kemungkinan bakal hadir pihak ketiga yang menawarkan layanan berbasis lokasi kepada pengguna Facebook.

Ihwal keberadaan fitur info lokasi itu terkait niat Facebook menandingi Foursquare dengan fitur lokasinya. Hanya saja pengembangan yang diketahui baru sebatas aplikasi Facebook Mobile versi layar sentuh. Tapi sangat menarik untuk ditunggu seperti apakah Facebook akan menyajikan aplikasi versi akhirnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement