Jumat 07 May 2010 05:36 WIB

Sertifikat ISO 9001:2008 Untuk Peranti Lunak Akuntansi Zahir

Rep: irwan kelana/ Red: taufik rachman

AKARTA-- PT Zahir Internasional, produsen software akuntansi bermerek Zahir  Accounting, baru-baru ini berhasil meraih ISO 9001:2008.

"Sertifikat manajemen mutu ini merupakan pengakuan internasional bahwa manajemen mutu PT Zahir Internasional sesuai standar yang berlaku di dunia Internasional," ungkap Direktur PT Zahir Internasional, Muhammad Ismail Thalib di Jakarta, Kamis (6/5).

Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh badan sertifikasi Internasional yaitu URS (United Registar of Systems) Indonesia yang berpusat di Inggris, dan diakreditasi oleh UKAS (The United Kingdom Accreditation Services). Proses untuk mendapatkan sertifikat manajemen mutu internasional itu sekitar enam bulan. "Zahir merupakan produsen software akuntansi pertama di Indonesia yang  berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2008," ujar Muhammad Ismail.

Zahir Accounting dikembangkan sejak tahun 1996. Kini, di usianya yang baru sekitar 14 tahun, PT Zahir Internasional  telah menjadi salah satu perusahaan teknologi informasi (TI), khususnya software, yang diperhitungkan di Tanah Air. Zahir Accounting telah memenangkan sejumlah penghargaan bergengsi, baik tingkat nasional maupun internasional. Misalnya, The Best APICTA Indonesia 2003, Winner  APICTA Indonesia 2002-2004, 50 Enterprise Company, dan Juara I Teknopreneur Award 2008.

"PT Zahir Internasional melalui software Zahir Accounting, kini berhasil menapaki posisi sebagai market leader di bidang software akuntansi," kata Muhammad. Hingga saat ini, Zahir Accounting sudah dipakai lebih dari 14.000 lisensi atau user, yang umumnya  merupakan usaha kecil menengah (UKM).

"Kami memang membidik segmen UKM, karena potensinya sangat besar. Berdasarkan data dari BPS pada 2008, jumlah UKM di Indonesia mencapai 49,8 juta dan mampu menyerap tenaga kerja sebesar 91 juta (97,3 persen)," tutur Muhammad Ismail. Tahun 2010, kata dia, Zahir menargetkan peningkatan penjualan sebanyak 3.500 user atau naik  sekitar 30 persen. "Dengan adanya sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2008, kami makin optimistis mampu meraih target  tersebut," ujarnya.

Humas PT Zahir Internasional, M Nizar menjelaskan, Zahir Accounting adalah sebuah produk yang  ditujukan untuk membantu para pengusaha UKM mengambil  keputusan. "Lebih dari sekadar bicara akuntansi atau  pembukuan, penggunaan Zahir Accounting akan sangat membantu  para pengusaha mengambil keputusan bisnis. Karena itu, kami menyebut Zahir Accounting bukan sekadar software akuntansi, melainkan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (Deciscion Support System)," tutur Nizar.

Zahir Accounting mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan  software asing. "Zahir Accounting merupakan software lokal yang sangat cocok dengan karakter bisnis di Tanah Air dan sangat mudah digunakan," ujar Nizar. Untuk memudahkan para UKM, PT Zahir Internasional  menyediakan dua pilihan Zahir Accounting. Sistem jual putus  dengan harga berkisar dari Rp 1 juta hingga Rp 15 juta.

"Kami juga menyediakan sistem sewa (prabayar) yang disebut Zahir Merdeka," kata Muhammad Ismail. Ia menyebutkan, Zahir Merdeka hadir dengan empat pilihan Edisi untuk memenuhi kebutuhan berbagai bidang usaha. Edisi Small Business Accounting dijual Rp 34 ribu, Edisi Flexy  Money Rp 103 ribu, Flexy Trade Rp 137 ribu, dan Edisi  Personal juga Rp 137 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement