Rabu 08 Jul 2020 15:01 WIB

Robot Penjelajah China Temukan Jenis Zat Baru di Bulan

Ilmuwan China menyebut zat yang ada di Bulan itu 'seperti gel'.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Pesawat Chang
Foto: CNSA via ESA
Pesawat Chang

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Ilmuwan China telah menerbitkan analisis zat di bulan setelah penemuannya oleh penjelajah Yutu 2 tahun lalu. Penemuan ini dibuat oleh anggota tim penggerak Yutu 2 pada bulan Juli 2019. Temuan diperoleh pada hari ke 8 dari misi penjelajah, yang merupakan bagian dari misi Chang'e 4 China untuk menjelajahi sisi jauh bulan.

Sebuah laporan oleh Our Space, sebuah publikasi penjangkauan sains berbahasa Mandarin, mengungkapkan penemuan itu pada 17 Agustus. Laporan menggambarkan zat itu dengan istilah jiao zhuang wu yang dapat diterjemahkan sebagai "seperti gel."

Baca Juga

Dilansir di Space, Rabu (8/7) dijelaskan, deskripsi ini tidak disertai adanya gambar, memicu spekulasi di antara para ilmuwan bulan. Namun zat tersebut, seperti yang diperkirakan oleh para ilmuwan, terbuat dari batu.

Dalam artikel mereka di Earth and Planetary Science Letters, Gou Sheng dan koleganya menganalisis data dari kamera Yutu 2 dengan panorama dan penghindaran bahaya, dan instrumen Visible and Near-Infrared Spectrometer (VNIS).

Mereka menggunakan prosedur yang disebut spektral unmixing untuk memecah spektrum yang diukur dari VNIS untuk menentukan kemungkinan komposisi dan kelimpahan material.

Para penulis studi menggambarkan bahan tersebut sebagai breksi hijau lebur kehijauan dan berkilau, berukuran 52 kali 16 sentimeter. Fitur-fitur ini adalah tanda-tanda kemungkinan adanya kaca, yang biasanya bersumber dari dampak leleh atau dari letusan gunung berapi.

Menurut makalah itu, breksi atau pecahan mineral yang menempel bersama, dibentuk oleh pengelasan yang dihasilkan oleh dampak, penyemenan dan penggumpalan regolith dan breksi bulan.

Materi itu menyerupai sampel breksi tubrukan dampak bulan yang dikembalikan oleh misi Apollo NASA.  Secara khusus, ada kesamaan dengan sampel Apollo yang ditunjuk 15466 dan 70019.

Sampel 70019, dikumpulkan oleh astronot dan ahli geologi terlatih Harrison "Jack" Schmitt, terbuat dari fragmen mineral yang gelap dan pecah yang disatukan bersama-sama dan kaca hitam mengkilap.

Makalah ini mencatat bahwa analisis dibatasi oleh fakta bahwa pengukuran VNIS diambil dalam kondisi pencahayaan yang buruk dan faktor-faktor lainnya.

Dan Moriarty, rekan program postdoctoral NASA di Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland, mengatakan bahwa karena Chang'e 4 sedang mengeksplorasi area bulan yang sama sekali belum dijelajahi, unmixing spektral menjadi sangat menantang.

"Kami tidak memiliki sampel dari wilayah ini yang akan membantu menginformasikan parameter model. Untuk alasan ini, hasil komposisi regolith tepat yang disajikan dalam makalah ini mungkin tidak sepenuhnya akurat," kata Moriarty.

"Namun, penulis melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam mendokumentasikan pendekatan dan asumsi mereka secara ketat, sehingga hasilnya dapat dipahami dalam konteks masalah yang sangat menantang ini," tambahnya.

Makalah ini juga melihat daerah sekitarnya. Pengukuran membuat penulis menyarankan regolith bulan terdiri dari campuran dari berbagai sumber. Ejecta dari dampak yang menciptakan kawah Finsen terdekat dianggap sebagai sumber utama, dengan kemungkinan kontribusi dari kawah Alder.

Pesawat ruang angkasa Chang'e 4 melakukan pendaratan bersejarahnya di Kawah Von Kármán selebar 180 kilometer di ujung bulan di bulan Januari 2019.

Yutu 2 saat ini sedang bersiap-siap untuk hari lunar ke-20, yang dimulai sekitar 14 Juli (satu hari lunar adalah sekitar dua minggu Bumi) Selama hari lunar 19, yang dimulai pada 14 Juni, mesin rover ini telah mendorong total 15,58 meter melintasi permukaan bulan. Secara total, rover telah melintasi sekitar 463,26 m.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement