Cara Hapus Kontak di iPhone Paling Efektif dan Cepat

Teknologi  
cara hapus kontak di iphone (dok pexels.com)

Meningkatkan performa handphone khususnya iPhone bisa dilakukan dengan menghapus beberapa data seperti soft file dokumen, musik, video, hingga kontak. Nah, kontak yang tidak perlu memang butuh untuk dihilangkan. Bagaimana cara hapus kontak di iPhone?

Apakah kamu bisa menggunakan cara yang efektif dan efisien sehingga bisa menghilangkan banyak kontak sekaligus hanya dalam waktu yang singkat saja?

Cara Hapus Kontak di iPhone dengan Efektif

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayangnya, jika mengandalkan dari aplikasi Contact bawaan dari iPhone maka pengguna tidak akan bisa melakukan penghapusan kontak secara banyak dan bersamaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan sedikit trik untuk menghapus banyak kontak.

1. Menghapus Seluruh Kontak

Cara yang pertama ini bisa dilakukan pada smartphone iPhone seri mana saja seperti iPhone 7 plus, iPhone 8, iPhone X, sampai dengan iPhone terbaru yaitu iPhone 13. Untuk melakukan cara ini maka pengguna wajib untuk melakukan sinkronisasi perangkat pada sistem layanan iCloud Apple dulu.

Jika sudah berhasil sinkronisasi, maka bisa mengikuti langkah cara hapus kontak di iphone secara keseluruhan, yaitu:

● Masuk ke menu Settings pada perangkat iPhone .

● Kemudian, masuklah ke bagian iCloud yang terdapat di dalamnya.

● Setelah itu, baru mencari opsi Contacts dan nonaktifkan dengan menekan tombol slider.

● Nanti akan muncul sebuah peringatan tertulis dan bisa memilih Delete from My Phone.

JIka proses sudah berhasil dan sukses maka seluruh kontak bisa terhapus dan tidak akan ada kontak yang tersisa di dalamnya. Saat pengguna belum melakukan sinkronisasi maka bisa mengaktifkan slider tersebut lebih dulu.

Saat belum yakin untuk menghapus seluruh kontak maka bisa mengaktifkan pilihan Backup ke iCloud sehingga kontak tersimpan pada iCloud dan bisa dilihat sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Namun, tetap membuat kinerja HP akan optimal dan tidak lemot.

2. Menghapus Banyak Kontak di iPhone

Cara kedua ini memang berbeda dengan cara pertama karena tidak semua kontak dihapus namun beberapa kontak dihapus secara bersamaan, Bahkan cara ini bisa digunakan untuk cara menghapus kontak double di iphone sehingga hanya ada satu kontak saja dalam iPhone.

Untuk caranya sendiri membutuhkan aplikasi yang bernama Groups agar proses penghapusan bisa berjalan dengan mudah dan langsung berhasil dalam waktu singkat saja, yaitu:

● Kunjungi Apple App Store dan install aplikasi Groups di sana.

● Kemudian, saat berhasil terpasang di iPhone maka bisa langsung membuka aplikasi Groups.

● Nantinya bisa memilih All Contacts agar bisa mengakses seluruh kontak yang tersimpan di iPhone.

● Saat daftar kontak muncul, maka bisa memilih mana saja kontak yang ingin dihapus, caranya dengan menekan lingkaran checklist. Letak lingkaran tersebut ada di bagian kiri nama kontak tersimpan.

● Lalu, pilihlah Actions dan pilih Delete Contacts.

● Akan muncul sebuah notifikasi dan bisa menekan tombol Remove from My iPhone untuk melakukan konfirmasi.

Dengan begitu maka beberapa kontak pilihan yang jumlah bisa sangat banyak itu bisa terhapus dengan waktu yang singkat. Bahkan untuk kontak yang double bisa dihapus salah satunya tanpa khawatir terhapus semua karena bisa diatur sendiri dengan menekan checklist.

Jika menggunakan aplikasi bawaan iPhone memang bisa digunakan untuk menghapus kontak. Akan tetapi, membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan penghapusan kontak satu per satu dengan banyak konfirmasi.

Baik menggunakan aplikasi Groups atau melakukan penghapusan seluruh kontak, cara hapus kontak di iPhone harus dilakukan secara hati-hati. Karena jika langkah yang digunakan tidak tepat maka proses penghapusan tidak optimal dan malah membuat rancu pada kontak tersimpan di iPhone bisa menjadi ganda atau tercopy.

Berita Terkait

Image

Panduan Terbaru Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image