Tidak Perlu Panik, Trik Terbaru Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Multimedia  
Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop (dok pexels.com)

Mungkin sebagian banyak orang sering menghapus file yang terdapat pada laptopnya guna meningkatkan performa. Akan tetapi, tiba-tiba saja bisa tidak sengaja menghapus file penting. Maka, jika seperti itu pasti membutuhkan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Untuk cara tersebut bisa langsung menggunakan pengaturan pada Windows itu sendiri atau tanpa software maupun menggunakan software tertentu. Hal tersebut tergantung kepada pengguna yang ingin melakukan langkah sederhana menurut versi masing-masing.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di bawah ini akan ditemukan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus, baik dengan aplikasi atau tanpa aplikasi.

1. Menggunakan Recycle Bin

Cara pertama ini sangat sederhana dan siapa saja bisa menerapkannya yaitu menggunakan fitur Recycle Bin. Pada dasarnya, file yang tidak sengaja terhapus tidak akan langsung hilang melainkan akan tersimpan pada Recycle Bin dan bertahan sampai 30 hari baru akan terhapus secara permanen.

Sangat mudah untuk mengembalikan file yang terhapus yaitu cukup masuk ke menu Recycle Bin kemudian temukan file tersebut. Klik kanan pada file yang diinginkan dan klik Restore maka file akan kembali ke folder terakhir berada.

Menggunakan Recycle Bin untuk mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus bisa dilakukan di Windows mana saja bahkan pada Windows 7.

2. Menggunakan File History

Selanjutnya, cara yang hanya bisa digunakan pada Windows 10 yaitu File History yang dapat digunakan untuk melihat file-file sebelumnya. Akan tetapi, perlu melakukan back up terlebih dahulu dengan langkah di bawah ini:

● Masuklah ke menu Settings pada sistem operasi Windows 10.

● Kemudian, lanjutkan dengan memilih Update & Security, klik Back up ???? Add a Drive.

● Lalu, pilihlah drive yang ingin digunakan atau bisa menggunakan penyimpanan eksternal seperti harddisk atau flashdisk.

Akan tetapi, tetap saja harus dipastikan terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini bahwa sudah pernah melakukan back up file sebelumnya. Hal tersebut agar bisa mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus.

3. Menggunakan Restore Previous Versions

Jika file yang sudah dihapus akan tersimpan di Recycle Bin, namun berbeda jika waktu menghapusnya sudah 30 hari maka otomatis akan terhapus secara permanen. Untuk mengembalikannya maka bisa menggunakan restore previous versions.

Dengan begitu, maka tidak perlu melakukan pengembalian file setelah install ulang windows karena caranya cukup rumit. Pada restore previous versions bisa mengikuti langkah di bawah ini agar file kembali:

● Masuk ke Start atau lambang Windows pada laptop.

● Kemudian, pada folder penyimpanan file yang terhapus klik kanan.

● Pilihlah opsi restore previous versions lalu akan masuk masuk pada pilihan beberapa versi.

● Bisa memilih untuk versi pada file-file yang tidak sengaja terhapus, klik OK.

● Masuk ke folder tersebut dan temukan file yang ingin dikembalikan.

4. Menggunakan Aplikasi Recuva

Untuk cara yang terakhir, bisa menggunakan aplikasi Recuva jika memang cara-cara di atas tanpa aplikasi tidak bekerja dengan baik. Recuva merupakan software untuk file recovery yang bisa dengan mudah mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus secara permanen.

Langkahnya cukup mudah karena tinggal install aplikasi Recuva dan ikuti arahan yang disediakan di dalam aplikasi agar file bisa kembali. Dan juga bisa memilih lokasi penyimpanan mana yang ingin digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Baik menggunakan aplikasi atau tidak, menerapkan cara mengembalikan file yang terhapus di laptop harus dilakukan secara hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Dengan begitu, maka kinerja dan performa laptop akan tetap terjaga dan tidak akan membuatnya lambat.

Berita Terkait

Image

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image