Makin Gampang Download, Ini Cara Memasang Ekstensi IDM di Chrome

Multimedia  
cara memasang idm di chrome (dok: tangkapan layar)

Kegiatan download film, musik, video, dan lainnya memang sangat mengasyikkan untuk menambah hiburan di PC atau Laptop. Lebih nyaman lagi jika proses download bisa lebih cepat dan mudah dengan IDM. Pastinya pengguna mencari cara memasang IDM di Chrome agar mudah melakukan download.

IDM ini memang spesialis untuk mendownload video namun tak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk download film. Singkatan Internet Download Manager ini biasanya tidak begitu saja berjalan mulus ada kalanya tidak muncul. Maka, perlu diintegrasikan ke Chrome terlebih dahulu.

Cara Memasang IDM di Chrome

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Saat sudah melakukan instalasi IDM pada PC atau Laptop maka langkah selanjutnya adalah harus menambahkan ekstensi IDM agar bisa dipasang pada Chrome. Terdapat beberapa cara agar bisa melakukan pemasangan IDM, yaitu:

1. Melalui File .crx

Sebelumnya, pengguna IDM ini harus memiliki file dengan ekstensi .crx dan baru kemudian bisa melakukan pemasangan IDM pada Chrome. Agar lebih jelas memasang ekstensi IDM dengan menggunakan File .crx bisa dilihat pada langkah di bawah:

● Buka Google Chrome terlebih dahulu pada perangkat.

● Kemudian, masuk ke Menu More Tools ???? Ekstensions atau bisa masuk ke URL chrome://extensions, barulah bisa diklik Enter.

● Lalu, bisa membuka Directory Local Disc C:, lanjutkan ke Program Files (x86), lalu ke Internet Download Manager.

● Di dalam folder tersebut bisa dicari file dengan nama IDMGCExt.crx.

● Drag folder tersebut serta masukan ke extensions Google Chrome yang sudah dibuka tadi.

● Setelah muncul notifikasi maka bisa klik OK atau Yes.

● Saat sudah terpasang pada Google Chrome maka bisa switch button, klik details, ON pada Allow in Incognito agar aktif di IDM tersebut.

Untuk langkah ini bisa dilakukan secara offline sehingga tidak membutuhkan koneksi internet maka pemasangan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

2. Melalui Web Store

Jika ekstensi IDM tidak bisa dipasang di Chrome melalui langkah sebelumnya, maka bisa menggunakan web store, dengan langkah sebagai berikut:

● Bukalah Google Chrome pada perangkat dan pastikan sudah dilakukan update aplikasi terlebih dahulu.

● Setelah itu, baru download extensions IDM khusus untuk Google Chrome, Edge, Brave.

● Lalu, lanjutkan dengan Add to Chrome agar bisa memasang extensions terbaru tersebut.

● Jika sudah selesai, maka bisa mengatur ON pada Incognito Mode.

Saat Incognito Mode sudah ON maka perangkat sudah siap digunakan untuk mendownload menggunakan IDM dengan mudah.

Perbedaan antara cara pertama dan kedua adalah pada cara kedua masih membutuhkan koneksi internet untuk proses pemasangan ekstension. Oleh sebab itu, pastikan koneksi internet stabil sehingga prosesnya tidak rusak dan berhenti di tengah jalan.

3. Pemakaian IDM di Android

Saat ini memang sangat banyak pengguna Android yang ingin juga menggunakan IDM untuk aktivitas download. Kabar baiknya, saat ini IDM sudah bisa diinstal melalui Google Play Store dengan bisa memilih Download Manager by Vicky Bonick agar tidak salah instal aplikasi.

Cara menggunakan IDM di Android juga sangat mudah karena pada aplikasi sudah terhubung dengan browser yang dimiliki oleh IDM itu sendiri.

Atau, juga bisa membuka Chrome terlebih dahulu kemudian menyalin link download dan di paste pada aplikasi IDM. Dengan begitu maka proses download pada Chrome dan IDM bisa dilakukan dengan selaras dan lancar tanpa hambatan.

Untuk cara memasang IDM di Chrome ini memang sangat mudah dan simple digunakan pada PC atau Laptop. Akan tetapi, tidak ada salahnya menggunakannya pada smartphone Android jika memang sering dibutuhkan dan ingin mendownload file video dengan ukuran yang besar agar tidak pecah.

Berita Terkait

Image

Panduan Terbaru Cara Memindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Image

Baru Sadar? Ini Dia Arti Emoji Lengkap

Image

Cara Mudah Mendownload Lagu di YouTube Melalui Smartphone Android

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image