Tek Perlu Bingung, Ini Perbedaan Prosesor Intel dan AMD

Teknologi  
Perbedaan prosesor intel dan AMD (dok: pixabay)

Pabrikan prosesor dunia saat ini dikuasai oleh dua nama besar yang sering bersaing dalam dunia gadget, yaitu Intel dan juga AMD. Jika muncul laptop baru di kelas high end, sudah pasti laptop tersebut menggunakan salah satu prosesor dari kedua pabrikan tersebut. Lantas, apa perbedaan Intel dan AMD?

Pertanyaan tersebut tentu bukanlah pertanyaan dari satu atau dua orang saja, melainkan banyak pengguna gadget pemula yang sering dibuat bingung dengan kedua jenis prosesor tersebut. Untuk mengetahui apa saja perbedaan dari kedua jenis prosesor tersebut, simak pembahasannya di artikel berikut ini.

Perbedaan Intel dan AMD

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perbedaan kedua prosesor ini akan dibedakan ke dalam beberapa kategori utama. Hal ini biasanya juga menjadi bahan pertimbangan seseorang ketika ingin memutuskan untuk membeli laptop dengan prosesor Intel atau AMD. Adapun letak perbedaan tersebut bisa dilihat pada beberapa kategori berikut ini:

1. Performa Grafis Game

Perbedaan Intel dan AMD yang pertama terletak pada kinerjanya saat bermain game. Untuk game yang membutuhkan kinerja grafis tinggi, AMD dirasa lebih unggul karena performanya cenderung stabil meskipun ada peningkatan suhu. Hal berbeda justru ditampilkan oleh prosesor Intel.

Saat terjadi peningkatan suhu, perangkat yang menggunakan prosesor Intel biasanya akan mengalami penurunan kinerja sehingga membutuhkan cooler atau pendingin eksternal agar kinerjanya bisa tetap stabil untuk game tertentu yang membutuhkan kinerja grafis tingkat tinggi.

2. Manajemen Suhu

Dari segi performa grafis, prosesor AMD memang lebih unggul dari Intel karena performanya akan tetap stabil meskipun suhu mesin meningkat. Namun untuk urusan manajemen suhu, prosesor Intel lebih unggul dari AMD. Prosesor AMD cenderung memiliki suhu yang sangat panas ketika digunakan terlalu lama.

Sementara Intel mampu menjaga suhu tetap stabil karena setiap kali ada peningkatan suhu, kinerjanya akan diturunkan. Dalam hal ini, kita bisa memilih perangkat dengan prosesor AMD jika ingin kinerja stabil pada laptop atau memilih Intel jika ingin suhu perangkat tidak terlalu panas meskipun digunakan lama.

3. Multimedia

Untuk urusan bermain game, AMD mungkin lebih baik dari Intel, apalagi di seri AMD Ryzen yang menjanjikan performa gaming tingkat tinggi. Lain halnya saat digunakan untuk memutar file multimedia, prosesor Intel akan terasa lebih jernih dan tajam dibandingkan perangkat yang menggunakan AMD.

Dengan begitu, aktivitas menonton video di PC atau laptop akan lebih terpuaskan dengan menggunakan perangkat yang menggunakan prosesor Intel. Meski begitu, perbedaan Intel dan AMD untuk kategori ini tidak terlalu jauh. Hanya saja, Intel sedikit lebih baik karena kemampuannya yang sudah optimal.

4. Harga

Bukan rahasia umum jika prosesor Intel memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan AMD. Hal ini secara langsung akan berpengaruh pada harga jual PC atau laptop di pasaran. Perangkat dengan prosesor PC biasanya akan dijual lebih mahal dibandingkan perangkat yang menggunakan AMD.

5. Kecepatan

Perbedaan berikutnya antara kedua prosesor ini adalah dari segi kecepatan untuk menjalankan aplikasi. Dalam sebuah pengujian menggunakan dua sampel prosesor Intel dan AMD yang setara, prosesor Intel mampu membuka aplikasi lebih cepat daripada AMD meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh.

Bagi mereka yang suka dengan kinerja cepat, terutama dalam hal buka tutup aplikasi, maka prosesor Intel bisa menjadi pilihannya.

Perbedaan Intel dan AMD pada dasarnya tidaklah terlalu jauh. Hanya saja, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang cukup signifikan di beberapa kategori. Dari ulasan di atas, tentu sekarang sudah ada gambaran dalam memilih prosesor untuk kebutuhan tertentu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image