Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Teknologi  
Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca (dok: Pixabay)

Hardisk eksternal tidak terbaca merupakan kasus yang cukup sering dialami oleh siapa saja ketika menggunakan PC atau laptop. Hal ini biasa disebabkan karena beberapa masalah sehingga perlu diketahui penyebabnya. Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang masih bisa dicoba untuk mengatasi hal ini.

Berikut ini telah dirangkum beberapa penyebab masalah hardisk eksternal yang tidak bisa terbaca beserta langkah-langkah mengatasinya. Untuk itu, mari simak artikel ini sampai akhir agar masalah tersebut bisa diselesaikan dengan baik dan data-data di dalam hardisk eksternal tersebut bisa diakses kembali.

Penyebab dan Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Driver Hardisk Bermasalah

Jika sebuah hardisk kita hubungkan ke dalam port USB, secara otomatis Windows akan mencoba mengenali perangkat tersebut dengan cara menginstal driver. Dengan begitu, hardisk akan terlihat di dalam Windows Explorer dan kita bisa mengaksesnya.

Jika setelah driver selesai diinstal tetapi hardisk tidak muncul atau tidak terbaca, maka kita bisa memanfaatkan fitur Disk Management. Cara ini bisa dilakukan di berbagai versi Windows, baik itu Windows 7, 8, ataupun Windows 10. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

● Silakan buka program Run atau klik kombinasi tombol Windows + R.

● Setelah jendela program Run terbuka, ketik “diskmgmt.msc”, kemudian klik OK.

● Secara otomatis daftar drive Disk Management Windows akan terbuka. Daftar ini juga tetap akan menampilkan drive yang sebelumnya tidak muncul karena tidak termasuk dalam partisi.

● Di sini, kita bisa melakukan beberapa hal termasuk format drive, menata partisi, hingga mengganti nama drive.

2. Adanya Bad Sector pada Hardisk

Salah satu penyebab hardisk eksternal tidak terbaca adalah karena adanya bad sector pada hardisk tersebut. Hal ini bisa dipicu karena berbagai faktor seperti laptop atau PC yang sering mati mendadak, usia hardisk yang sudah tua, dll. Untuk mengatasinya, ikuti petunjuk berikut:

● Pertama, kita bisa menggunakan fitur bawaan Windows bernama Disk Check Tool atau chkdsk. Cara ini terbilang praktis karena kita tidak membutuhkan software tambahan untuk melakukannya.

● Selanjutnya, kita bisa juga menggunakan program cmd (command prompt) dan mengatasi masalah bad sector secara logic.

● Berikutnya, ada aplikasi pihak ketiga bernama SpinRite yang juga berfungsi untuk mengatasi bad sector pada hardisk. Aplikasi ini mendukung format NTFS, FAT, Novell, hingga linux.

Pada dasarnya, masalah bad sector bisa diatasi jika kerusakannya karena masalah software. Akan tetapi, bad sector yang terjadi karena masalah fisik atau hardware biasanya sudah permanen dan tidak bisa terbaca baik itu di Windows maupun di Mac sekalipun.

3. Gunakan Port USB Lain

Cara memperbaiki hardisk exsternal tidak terbaca selanjutnya adalah dengan mencoba semua port USB yang ada. Terkadang, hardisk tidak bisa terbaca hanya karena adanya masalah pada salah satu port USB saja. Untuk itu, silakan coba semua port yang ada pada laptop tersebut untuk membaca hardisk.

Setelah itu, buka di My Computer dan lihat apakah hardisk sudah bisa terbaca atau belum. Jika masih belum terbaca juga, cobalah untuk menggunakan PC/laptop lain. Jika masih juga tidak terbaca, bisa jadi masalahnya ada pada driver atau memang hardisk tersebut mengalami kerusakan seperti bad sector.

4. Ganti Kabel USB

Kerusakan kabel USB pada hardisk dapat membuat transfer data dan juga kebutuhan daya listrik menjadi terganggu sehingga hardisk eksternal menjadi tidak bisa terbaca. Untuk itu, cobalah untuk mengganti kabel data hardisk dengan yang masih berfungsi normal.

Masalah hardisk eksternal tidak terbaca tentu akan mengganggu pekerjaan kita jika banyak data penting yang tersimpan di dalam hardisk tersebut. Silakan coba beberapa cara di atas untuk mengatasinya, bisa jadi salah satu hal di ataslah yang memicu hardisk kita tidak terbaca.

Berita Terkait

Image

Tidak Perlu Panik, Trik Terbaru Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image