Waspada Penipuan, Ini Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP tak Dikenal

Teknologi  
cara mengetahui pemilik nomor hp peneror yang tidak dikenal lewat aplikasi dan tanpa aplikasi (pexels.com)

Saat sedang menggunakan smartphone, terkadang kita mendapat panggilan dari nomor HP yang tidak dikenal. Hal ini tentu akan sangat mengganggu, apalagi jika dilakukan terus menerus. Tak jarang, kita justru penasaran dan berusaha mencari cara mengetahui pemilik nomor HP si peneror tersebut.

Tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi siapa di balik nomor yang sering menghubungi kita. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi maupun dengan beberapa trik tertentu dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Untuk itu, silakan simak ulasan berikut!

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP dengan Aplikasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Get Contact

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk mengetahui pemilik nomor HP tertentu adalah Get Contact. Lebih dari 100 juta pengguna sudah menggunakan aplikasi ini sehingga peluang untuk mengetahui nomor HP si peneror akan lebih besar, apalagi jika ada pengguna lain yang menyimpan nomor tersebut.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana, yaitu mencocokkan nomor asing yang kita cari dengan database Get Contact. Jika terdapat pengguna Get Contact yang menyimpan nomor asing tersebut, maka kita bisa mengetahuinya berdasarkan data kontak pengguna yang bersangkutan. Berikut cara menggunakannya:

● Silakan download dan install aplikasi Get Contact di Play Store.

● Jika sudah, jalankan aplikasinya.

● Berikan izin aplikasi untuk mengakses kontak di HP.

● Selanjutnya, silakan cari nomor HP peneror melalui kolom pencarian yang tersedia.

● Jika database memiliki informasi dari nomor tersebut, maka akan muncul nama dan juga hashtag dari nomor tersebut.

2. Truecaller

Cara mengetahui pemilik nomor HP berikutnya adalah dengan aplikasi Truecaller. Aplikasi ini memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak dari aplikasi Get Contact sehingga peluang untuk menemukan informasi pemilik nomor HP orang lain yang mengganggu kita akan jauh lebih besar.

Cara kerja aplikasi masih sama dengan Get Contact, yaitu dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya daftar kontak dari HP pengguna. Jika nanti ada pengguna lain yang mencari nomor tertentu dan kebetulan ada pengguna lain yang menyimpannya, maka informasi kontak tersebut akan bisa dilihat oleh si pencari.

Cara Mengetahui Pemilik Nomor HP Tanpa Aplikasi

Tidak perlu khawatir jika tidak ingin menginstal aplikasi hanya untuk mengetahui nomor HP seseorang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa harus menambahkan aplikasi pihak ketiga di HP. Berikut ini beberapa cara tersebut:

1. Menggunakan Truecaller Web

Selain bisa diakses menggunakan aplikasi, Truecaller juga menyediakan sebuah website untuk menjalankan fungsi yang sama dengan versi aplikasinya. Silakan ikuti petunjuk berikut untuk mengakses Truecaller lewat internet:

● Kunjungi situs truecaller.com.

● Silakan Sign In terlebih dahulu menggunakan Google atau buat akun baru.

● Jika sudah, silakan cari nomor si peneror di kolom pencarian yang tersedia. Jika sudah, klik ikon Cari atau Enter.

● Nantinya, informasi tentang nomor yang bersangkutan akan keluar di bawahnya, termasuk provider apa yang digunakan juga bisa diketahui. Apakah menggunakan Indosat, Telkomsel, XL, atau yang lainnya.

2. Melalui Aplikasi Whatsapp

Berikutnya, kita bisa memanfaatkan aplikasi Whatsapp untuk mengetahui nomor HP seseorang. Jika nomor yang bersangkutan juga terdaftar di Whatsapp, maka kita bisa melihat profilnya setelah nomor disimpan. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

● Pertama, simpan nomor HP peneror dengan nama apa saja.

● Jika sudah, buka aplikasi Whatsapp.

● Klik ikon Pesan di bagian kanan bawah.

● Silakan cari nomor yang baru saja kita simpan.

● Jika muncul, klik foto profilnya dan lihat informasi yang ada di nomor tersebut.

Silakan ikuti cara mengetahui pemilik nomor HP di atas jika penasaran dengan nomor yang iseng meneror kita setiap waktu. Jika beruntung, kita bisa mengetahui apakah orang tersebut menggunakan HP Telkomsel, di mana lokasi keberadaannya, atau bahkan namanya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image