Simpel Banget, Cara Membersihkan Cache di Laptop

Teknologi  
Cara membersihkan cache di laptop (Pixabay)

File sampah atau cache yang sudah terlalu banyak menumpuk di laptop bisa membuatnya menjadi lemot saat digunakan. Bahkan, untuk sekedar buka tutup aplikasi saja bisa memakan waktu beberapa menit. Untuk itu, kita perlu melancarkannya kembali dengan cara membersihkan cache di laptop.

Tidak perlu membawanya ke tempat service karena membersihkan cache di laptop bukanlah perkara yang sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terbilang ampuh membersihkan file-file sampah di laptop. Silakan simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Cara Membersihkan Cache di Laptop

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada dasarnya, file cache berguna untuk membantu aplikasi agar lebih cepat terbuka tanpa menunggu proses loading. Akan tetapi, jika file cache terlalu banyak akan berdampak pada hardisk yang semakin penuh dan tetap saja membuat laptop lemot. Untuk itu, silakan bersihkan file cache melalui cara berikut:

1. Menghapus Folder Temp

Cara membersihkan cache di laptop yang pertama adalah dengan menghapus file temporary Windows. Fie-file temporary biasanya berisi data-data sementara dari sebuah aplikasi yang sejatinya tidak terlalu penting. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus file temporary di laptop:

● Silakan buka program Run dengan cara menekan tombol Windows + R.

● Setelah program Run muncul, silakan ketik “temp” pada kolom pencarian.

● Jika sudah, klik OK.

● Langkah tersebut akan membuka jendela folder Temp di Windows. Di sana akan terlihat berbagai file dan folder temporary yang tersimpan. Silakan hapus semua file dan folder tersebut dengan cara klik Ctrl + A, kemudian klik kanan dan pilih Delete.

● Kembali ke program Run.

● Silakan ketik “%temp%”, lalu klik OK.

● Pilih semua file yang ada di dalam folder %temp% tersebut, lalu Delete.

● Jika sudah, silakan restart laptop.

Cara di atas bisa dilakukan di laptop Windows 10 atau laptop yang menggunakan versi Windows di bawahnya seperti Windows 8 atau 7.

2. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Selanjutnya, kita juga bisa menggunakan aplikasi CCleaner untuk membersihkan file cache di laptop. Aplikasi ini termasuk ampuh dalam membersihkan file cache di Windows, file cookies di browser, hingga memperbaiki file registry yang bermasalah. Untuk menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

● Pertama, download dan install terlebih dahulu aplikasi CCleaner melalui situs resminya.

● Jika sudah, jalankan aplikasi CCleaner.

● Ada beberapa tab di sebelah kiri layar. Silakan pilih Tab Cleaner/Custom Clean.

● Selanjutnya, pilih opsi mana saja yang ingin dibersihkan.

● Jika sudah, klik Run Cleaner.

● Tunggu proses pembersihan selesai dilakukan.

● Setelah selesai, silakan restart laptop/PC yang bersangkutan.

3. Menggunakan Disk Cleanup

Berikutnya, ada juga cara membersihkan cache di laptop menggunakan fitur bawaan Windows bernama Disk Cleanup. Jika sebelumnya kita sudah menghapus file-file temporary secara manual, maka Disk Cleanup bisa digunakan untuk menyempurnakan proses pembersihannya. Berikut langkah-langkahnya:

● Buka Windows Explorer.

● Setelah itu, klik kanan pada drive sistem (biasanya Drive C), lalu pilih Properties.

● Klik tab General di bagian atas, kemudian pilih Disk Cleanup.

● Selanjutnya, pilih folder-folder mana saja yang ingin dibersihkan. Opsi Recycle Bin sebaiknya juga dipilih karena file yang belum dihapus secara permanen, masih akan tetap berada di Recycle Bin.

● Jika sudah, silakan klik OK.

● Tunggu proses pembersihan selesai dilakukan.

Cara ini bisa dilakukan di Windows XP, Windows 7, atau Windows di atasnya. Silakan restart laptop/PC setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas.

Cara membersihkan cache di laptop bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Hanya dengan beberapa langkah di atas, laptop akan lebih bersih dan biasanya akan berefek pada kinerjanya yang lebih gegas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image