Jangan Panik Jika WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar, Ikuti Langkah Ini

Medsos  
Jika WhatsApp tidak bisa kirim gambar (pixabay.com)

Apa jadinya jika aplikasi WhatsApp tidak bisa kirim gambar ke nomor orang lain? Tentu hal ini akan sangat mengganggu mengingat aplikasi ini bukanlah sekadar aplikasi chat biasa. Selain bisa mengirim gambar atau foto, WhatsApp juga bisa mengirimkan file multimedia lain seperti video, audio, hingga dokumen.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa kirim foto. Untuk itu, kita perlu mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencoba mengatasinya. Berikut ini akan dibahas mengenai penyebab WhatsApp tidak bisa mengirim foto atau gambar serta bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gambar yang tidak terkirim di aplikasi WhatsApp biasanya ditandai dengan status file yang hanya menunjukkan simbol jam atau timer saja. Hal tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum aplikasi WhatsApp tidak bisa mengirim foto atau gambar:

● Koneksi internet lambat atau sedang tidak bisa digunakan.

● Aplikasi WhatsApp out of date atau kadaluwarsa.

● Pengaturan jam dan tanggal di HP tidak sesuai .

● Server WhatsApp sedang down atau bermasalah.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Gambar

Dari beberapa penyebab di atas, bisa kita simpulkan sejumlah cara yang bisa kita lakukan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim gambar:

1. Periksa Koneksi Internet di HP

Pastikan koneksi internet berjalan dengan stabil dan tidak ada masalah dengan kemampuan download dan upload file. Hal ini bisa diketahui dengan mengecek kecepatan internet yang sedang digunakan saat ini. Silakan simak cara melakukannya di bawah:

● Buka browser di HP.

● Kunjungi situs www.speedtest.net, kemudian lakukan pengujian kecepatan dengan menekan tombol Mulai.

● Setelah beberapa saat, kondisi kecepatan internet di HP akan muncul.

● Silakan perhatikan apakah jaringan dalam keadaan baik atau tidak.

2. Periksa Pembaruan WhatsApp

Silakan periksa apakah WhatsApp yang digunakan sudah menggunakan versi terbaru. Perbedaan versi WhatsApp antara pengirim dan penerima gambar atau foto bisa jadi membuatnya tidak bisa terkirim. Untuk itu, silakan lakukan update WhatsApp dengan cara berikut:

● Buka aplikasi Play Store.

● Cari aplikasi WhatsApp di kolom pencarian.

● Jika sudah silakan klik Update/Perbarui.

● Tunggu sampai update selesai.

3. Periksa Jam dan Tanggal di HP

Jika jam dan tanggal di HP tidak sesuai dengan sebenarnya, maka aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan. Tentu saja tidak hanya mengirim gambar, kita bahkan tidak bisa membuka aplikasi WhatsApp sama sekali. Untuk itu, silakan atur jam dan tanggal sesuai dengan semestinya:

● Buka Setelan.

● Kemudian masuk ke Setelan Tambahan.

● Pilih Tanggal & Waktu.

● Beri centang pada Zona Waktu Otomatis agar jam dan tanggal menyesuaikan secara otomatis. Untuk melakukannya, pastikan koneksi internet aktif.

4. Pastikan Server WhatsApp Tidak Down

Jika server WhatsApp mengalami down, otomatis aplikasi WhatsApp tidak bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iPhone. Jika aplikasi WhatsApp mengalami down, situs Facebook dan juga Instagram biasanya juga akan mengalami hal yang sama.

Pasalnya, ketiga aplikasi tersebut berada di bawah naungan Facebook selaku induk perusahaannya. Jika memang benar ketiga aplikasi tersebut mengalami server down, otomatis kita hanya bisa menunggu sampai ada perbaikan dari pihak WhatsApp atau Facebook.

5. Hapus Cache WhatsApp

WhatsApp tidak bisa kirim gambar bisa juga karena ada bug pada aplikasinya yang mungkin saja hilang setelah dilakukan clear cache. Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukannya:

● Buka Setelan.

● Pilih kategori Aplikasi.

● Masuk ke Aplikasi Terinstal.

● Buka aplikasi WhatsApp.

● Silakan klik Hapus Cache.

Silakan ikuti beberapa cara di atas untuk mengatasi WhatsApp tidak bisa kirim gambar. Jika masih belum bisa juga, ada baiknya melakukan install ulang WhatsApp agar WhatsApp bisa kembali ke pengaturan awalnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image