Senin 28 Mar 2011 08:10 WIB

Tahun 2011, Era Ponsel Tiga Dimensi?

nitendo 3D
nitendo 3D

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Setelah Jepang, Nitendo 3D dirilis di Amerika Serikat, Ahad (27/3). Untuk menikmati tayangan tiga dimensi di konsole game ini tidak diperlukan kaca mata khusus.

Kehadiran Nitendo 3D, rupanya menjadi semacam kick off bagi kehadiran gadget 3D yang lain. HTC telah meluncurkan 3D EVO, smartphone berlayar sentuh 4,3 inch yang bisa menampilkan gambar 3D juga tanpa perlu kaca mata spesial. Pengguna bisa mengambil foto dan membuat video dalam 3D dengan sepasang kamera di bagian belakang.

Seperti EVO versi lama, versi 3D ini juga akan menjalankan sistem operasi Google Android dan terkoneksi dengan jaringan data cepat 4G dari Sprint Nextel, tulis CNN dalam laporannya.

LG Elektronik telah bekerja selama satu setengah tahun untuk smartphone 3D-nya, kata Yongseok Jang, wakil presiden strategi LG. 3D Optimus, produk LG itu dinamai, akan diluncurkan dengan network AT&T Mobility bernama Thrill 4G. AT&T mengatakan perangkat tersebut akan tersedia dalam bulan-bulan mendatang, namun harganya belum ditetapkan.

Pengembang-pengembang software LG menghabiskan banyak waktu untuk menyesuaikan (fine-tuning) sepasang kamera 5 megapixel agar bisa akurat menangkap media 3D, kata Jang.

"Prototipe EVO 3D kita uji di konferensi CTIA Wireless minggu ini dan menghasilkan video blur. HTC masih bekerja pada aspek itu, yang mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan untuk sempurna," kata Trevor Van Norman, seorang direktur pemasaran Sprint.

EVO 3D akan tersedia pada musim panas ini, lanjut Norman.

Nintendo membuat perangkat permaian 3D untuk menangkis para pesaingnya melalui kemitraan dengan penerbit media untuk menawarkan lebih banyak game dan film dalam 3D.

"Anda tidak hanya butuh kemampuan, Anda butuh konten," kata Reggie Fils-Aime, kepala operasi dan presiden Nintendo Amerika. "Mereka tidak akan memiliki konten game sebesar yang kita punya."

Untuk ponsel-ponselnya, LG dan HTC juga tengah melobi pengembang-pengembang game untuk membuat software 3D untuk platform smartphone Android Google. Pengguna juga akan bisa mengunduh ribuan game yang sudah tersedia untuk Android.

LG akan memasukkan beberapa paket game dengan Thrill 4G dan setidaknya memiliki 10 permainan saat perangkat itu tersedia bagi pembeli, kata Jang.

Melalui tim yang dipimpin Jang, LG juga tengah membujuk Google untuk membuat video YouTube yang diproduksi dengan kamera 3D melalui aplikasi terpisah dan memungkinkan pengguna ponsel mengunggah sendiri videonya.

"Bukan mengharap belas kasihan dari studio Hollywood untuk menyajikan konten 3D, mengapa kita tidak membantu pelanggan kami untuk membuat konten 3D mereka sendiri?" kata Jang.

Tim YouTube Google juga membantu LG memperbaiki kualitas video yang dihasilkan oleh ponselnya.

HTC EVO 3D akan memiliki sekitar setengah lusin game 3D saat diluncurkan nanti, selain film utuh "Green Hornet", kata Van Norman. Ponsel ini juga memiliki aplikasi YouTube 3D.

Lalu inikah awal dari perang 3D di dunia gadget khususnya ponsel?

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement