Jumat 24 May 2024 17:34 WIB

Astronom Amatir Menemukan Lima Galaksi Baru

Galaksi satelit yang baru ditemukan ini bergabung dengan 3 galaksi kerdil sebelumnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Seorang astronom amatir dari Italia telah menemukan lima galaksi katai baru di sekitar galaksi spiral jauh, sebuah galaksi spiral yang merupakan salah satu galaksi terbesar di langit di atas Bumi.
Foto:

Seperti yang dijelaskan Donatiello, Bima Sakti memiliki galaksi kerdil satelitnya sendiri. Namun pada 1999, para astronom hanya mengetahui sekitar selusin galaksi katai di sekitar galaksi kita.

Namun berkat penemuan yang dilakukan sejak 2004 dan seterusnya, saat ini kita mengetahui adanya sekitar 60 galaksi satelit di sekitar galaksi kita. Hal ini menarik karena dapat memberi tahu kita sesuatu tentang dinamika materi gelap.

Kita semua tahu bahwa galaksi-galaksi besar pasti terletak di pusat lingkaran cahaya materi gelap, jauh melampaui ukuran piringan bintang. Menurut para ahli kosmologi, lingkaran cahaya ini terbentuk pertama kali, bertindak sebagai sumur gravitasi bagi gas netral di asal mula bintang-bintang pertama, sehingga menciptakan galaksi-galaksi pertama.

 

Beberapa dari lingkaran cahaya ini menjadi dominan karena gravitasi, bertindak sebagai penarik lingkaran cahaya lain di dekatnya. Proses ini mengaktifkan pembentukan hierarki galaksi-galaksi besar. Selain itu, setiap lingkaran cahaya berisi sejumlah lingkaran cahaya kecil, yang pada gilirannya membentuk galaksi kosmik perancah untuk galaksi satelit.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement