Kamis 23 May 2024 12:52 WIB

Scarlett Johansson Sebut OpenAI Gunakan Suaranya untuk Asisten Suara ‘Sky’

Open AI mengumumkan tidak lagi menggunakan suara Sky untuk ChatGPT.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Aktris Scarlett Johansson menuduh OpenAI menyalin suaranya untuk salah satu asisten suara di ChatGPT.
Foto:

Pada Senin (20/5/2024), OpenAI mengatakan bahwa mereka menghentikan sementara penggunaan “Sky” di ChatGPT dan merilis postingan panjang yang mengungkapkan bagaimana perusahaan tersebut mempekerjakan aktor suara profesional untuk membuat asisten virtualnya sendiri, dan menyangkal adanya kemiripan dengan suara Johansson. 

“Kami percaya bahwa suara-suara AI tidak boleh dengan sengaja meniru suara khas seorang selebriti, suara Sky bukanlah tiruan dari Scarlett Johansson tetapi milik aktris profesional lain yang menggunakan suara bicara alaminya,” tulis OpenAI

Pihaknya menambahkan bahwa setiap pengisi suara, yang perusahaan tersebut menolak menyebutkan namanya karena alasan privasi, dibayar di atas harga pasar, dan hal ini akan terus berlanjut selama suara mereka digunakan dalam produk-produk OpenAI.

Langkah tersebut, kata  Johansson dalam keterangannya, baru dilakukan setelah dia menyewa penasihat hukum yang menulis dua surat kepada Altman dan OpenAI untuk meminta penjelasan. 

“Di saat kita semua bergulat dengan deepfake-deepfake dan perlindungan terhadap kemiripan kita sendiri, karya kita sendiri, identitas kita, saya yakin ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan kejelasan mutlak,” tulis Johansson. 

 

“Saya menantikan resolusi dalam bentuk transparansi dan pengesahan undang-undang yang tepat untuk membantu memastikan bahwa hak-hak individu dilindungi.” 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement