Rabu 22 May 2024 17:00 WIB

FAA akan Tinjau Lingkungan Baru untuk Operasi Starship SpaceX di Florida

Operasi Starship di KSC tidak akan berdampak signifikan terhadap ekosistem sekitarnya

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
A SpaceX Falcon 9 rocket and Dragon capsule with a crew of four on a mission to the International Space Station lifts off from pad 39A at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, March 3, 2024.
Foto:

Usulan aktivitas-aktivitas Starship di LC-39A yang diperiksa oleh EA 2019 melibatkan pembangunan infrastruktur, serta sekitar 24 peluncuran per tahun, jelas para pejabat FAA. 

“SpaceX sekarang mengusulkan untuk membangun infrastruktur peluncuran tambahan yang sebelumnya tidak direncanakan dalam EA 2019; meluncurkan desain canggih dari Starship dan kendaraan Super Heavy; beroperasi pada tempo peluncuran yang diproyeksikan lebih tinggi; dan mendaratkan booster Super Heavy di LC-39A untuk mendukung konsep penggunaan kembali. Pendaratan kapal luar angkasa tidak diusulkan untuk dilakukan di Zona Pendaratan 1 di Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral,” tulis para pejabat dalam pembaruan Jumat (10/5/2024). 

Rencana yang direvisi tersebut memperkirakan hingga 44 peluncuran Starship dari LC-39A per tahun, para pejabat FAA menambahkan dalam pernyataan email Jumat (10/5/2024). 

SpaceX bertanggung jawab menyiapkan EIS, di bawah pengawasan FAA. Badan Ini meminta masukan mengenai masalah ini; mereka akan mengadakan dua pertemuan publik tatap muka di Space Coast pada 12 Juni dan pertemuan ketiga pada 13 Juni, serta menjadi tuan rumah pertemuan virtual pada 17 Juni. Komentar publik juga dapat disampaikan mulai Jumat (10/5/2024) hingga 24 Juni. 

 

Hasil positif pada EIS tidak akan mengizinkan SpaceX untuk mulai meluncurkan Starship dari KSC; perusahaan masih perlu mendapatkan izin operator kendaraan dari FAA. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement