Sabtu 04 May 2024 19:37 WIB

Efek Samping Langka Vaksin Astra Zeneca, dari Pembekuan Darah Hingga Kematian

Kasus pertama efek vaksin sebabkan seseorang cedera otak akibat pembekuan darah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca. Efek samping vaksin AstraZeneca Sebabkan Pembekuan darah.
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 AstraZeneca. Efek samping vaksin AstraZeneca Sebabkan Pembekuan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raksasa farmasi Inggris AstraZeneca telah mengakui dalam dokumen pengadilan bahwa vaksin Covid-19 buatannya dapat menyebabkan efek samping langka yang dikenal sebagai Sindrom Trombosis dengan Trombositopenia (TTS). 

Dokumen pengadilan menyatakan bahwa kondisi ini dalam kasus yang jarang terjadi, mungkin disebabkan oleh vaksin Covishield. Covishield dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford serta diproduksi oleh Serum Institute of India. Covishield diberikan secara luas kepada orang India selama gelombang Covid-19. 

Baca Juga

Dilansir The Economic Times, Sabtu (4/5/2024), TTS mengacu pada penggumpalan di pembuluh darah, dan terjadi dalam kasus yang sangat jarang terjadi, setelah penggunaan jenis vaksin tertentu, menurut pakar medis Dr Rajeev Jayadevan yang dikutip ANI.

“TTS adalah trombosis dengan sindrom trombositopenia, yang pada dasarnya berupa gumpalan di pembuluh darah otak atau di tempat lain, bersamaan dengan jumlah trombosit yang rendah. Hal ini diketahui terjadi dalam kasus yang sangat jarang terjadi setelah vaksin tertentu dan juga karena penyebab lain. Menurut WHO, khususnya vaksin vektor adenovirus jarang dikaitkan dengan kondisi ini,” kata Dr Jayadevan kepada ANI. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menandai kondisi ini sebagai kondisi yang langka namun serius dan mengancam jiwa. 

Orang yang mengalami TTS merasakan gejala. Selai mudah memar atau bercak darah kecil di bawah kulit di luar tempat suntikan, gejalanya mungkin termasuk sakit kepala yang parah atau terus-menerus, penglihatan kabur, sesak napas, nyeri dada, kaki bengkak, dan sakit perut yang terus-menerus. 

Kasus-kasus yang berkaitan dengan vaksin Covid-19 AstraZeneca

AstraZeneca telah terlibat dalam gugatan class action untuk vaksin Covid-19 buatannya.  Perusahaan farmasi itu mengakui bahwa vaksin tersebut menyebabkan insiden TTS. Sebanyak 51 kasus telah diajukan ke Pengadilan Tinggi oleh korban dan keluarga mereka, dengan The Telegraph melaporkan bahwa penggugat meminta kompensasi senilai sekitar 100 juta poundsterling atau sekitar Rp 2.011.974.759.000

Vaksin ini dijual dengan merek Covishiled dan Vaxzevria ini sebelumnya dikaitkan dengan risiko pembekuan darah. Pada April 2021, komite keamanan Badan Obat Eropa (EMA) melaporkan bahwa suntikan vaksin dikaitkan dengan pembekuan darah di otak, perut, dan arteri serta trombositopenia. 

Pada saat itu, EMA dan Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan Inggris Raya (MHRA) menyatakan bahwa manfaat vaksin lebih besar daripada potensi risikonya dan mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi.

Dalam siaran persnya pada bulan November 2021, AstraZeneca melaporkan bahwa dua miliar dosis vaksinnya telah dipasok ke negara-negara di seluruh dunia kurang dari 12 bulan setelah persetujuan pertama. Raksasa farmasi ini juga memperoleh keuntungan dari vaksin Covid-19 untuk pertama kalinya pada tahun 2022 dan melaporkan bahwa mereka telah mengirimkan sekitar 102 juta dosis vaksinnya melalui COVAX pada Q4 2022.

Menurut The Telegraph, dilansir Pharmaceutical Technology, kasus pertama yang diajukan pada 2023 ketika seorang pasien melaporkan bahwa vaksinasi menyebabkan dia mengalami cedera otak permanen yang disebabkan oleh bekuan darah dan pendarahan di otak.

Kematian seorang pasien....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement