Sabtu 04 May 2024 17:50 WIB

Mengapa Terbang Melawan Rotasi Bumi tidak Mempercepat Penerbangan?

Semakin dekat ke garis khatulistiwa, semakin cepat Bumi berputar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan.
Foto: EPA-EFE/HOW HWEE YOUNG
Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang sedikit bingung mengapa terbang melawan rotasi Bumi tidak mempercepat waktu penerbangan. Mengenai hal ini, seseorang berpendapat karena Bumi tidak berputar. 

“Pesawat terbang dari timur ke barat dengan kecepatan 300 mph. Bumi berputar dari barat ke timur dengan kecepatan 1.400 mph di bawah pesawat. Bagaimana pesawat tidak mencapai tujuannya 1.400 mph lebih cepat? Perjalanan pulang juga tidak lebih lama atau lebih pendek. Jawabannya: Bumi tidak berputar,” tulis seseorang tersebut dalam sebuah postingan, dilansir IFL Science, Sabtu (4/5/2024).

Baca Juga

Agar benar-benar adil bagi kelompok Bumi datar yang menulisnya, ini adalah sebuah postingan yang berasumsi banyak hal yang salah tentang fisika. Yang sebenarnya terjadi adalah Anda bergerak bersama Bumi karena gaya semu, atau kecenderungan benda yang bergerak untuk tetap bergerak dalam garis lurus dengan kecepatan yang sama kecuali ada gaya lain yang bekerja padanya. Inilah sebabnya ketika Anda melompat langsung ke udara, baik langsung dari tanah atau di dalam truk tanpa jendela, Anda akan mendarat di tempat Anda memulai. 

Bergerak ke arah lain memerlukan gaya ke arah tersebut (misalnya lompatan ke depan, atau pesawat yang mengeluarkan massa). Pesawat tidak memiliki sifat-sifat magis yang dapat membebaskan mereka dari gaya semu, sehingga ketika lepas landas dari Bumi yang berputar, mereka harus mengeluarkan energi untuk memindahkan Anda ke (misalnya) Hawai’i.

Kesalahpahaman lain dalam postingan tersebut adalah asumsi bahwa atmosfer kita statis sementara tanah berputar di bawahnya. Hal ini tidak terjadi. 

Saat Bumi berputar, ia menyeret sebagian besar atmosfer kita melalui gaya gesekan. Jika atmosfer tidak terseret bersama planet kita, Anda dapat memanfaatkan kecepatan angin relatif yang sangat tinggi untuk mengurangi waktu penerbangan. Tetapi Anda mungkin akan khawatir dengan masalah seperti “penerbangan-penerbangan jauh” ketika Anda terus-menerus dihantam oleh angin yang sangat kencang setiap saat dalam hidup Anda. 

Faktanya, terbang ke barat (melawan rotasi Bumi) membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan terbang ke timur. 

Simple Flying menjelaskan alasan penerbangan-penerbangan yang lebih cepat saat terbang ke arah timur adalah aliran-aliran jet. 

“Sederhananya, ini adalah arus udara sempit yang mengalir cepat di atmosfer yang ditemukan di dataran-dataran tinggi,” ujar Simple Flying

Hal ini memang tidak ada....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement